Thursday 23 August 2018

[Resensi] Nasihat Terbaik Tentang Upaya Meraih Kesuksesan

Dimuat di Koran Jakarta, Rabu 8 Agustus 2018


Judul               : Road to Success
Penulis             : Napoleon Hill
Penerjemah      : Sandra Imelda
Terbit               : Juli 2018
Tebal               : 244 halaman
ISBN               : 978-602-03-5644-0
Peresensi         : Ratnani Latifah. Alumna Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara

Bisa meraih kesuksesan adalah mimpi semua orang. Terlahir dari keluarga sederhana dan tinggal di daerah pegunungan terpencil, Napoleon Hill memiliki semangat tinggi dalam usaha mewujudkan impiannya. Ketika akhirnya mimpinya berhasil terwujud, Hill menuliskan tentang rambu-rambu atau jalan yang bisa ditempuh semua orang yang ingin meraih kesuksesan. 

Hill memaparkan bahwa ada 15 jalan yang harus kita miliki jika ingin menjadi orang yang sukses. Dipaparkan dengan gaya bahasa yang sederhana dan persuasif, buku ini mengingatkan kita, bahwa dalam upaya meraih kesuksesan, kita tidak boleh menyepelekan hal-hal kecil. Karena sesuatu yang kecil jika kita asah, pada akhirnya akan membuahkan sesuatu yang besar. 

Pertama, kita harus memiliki keinginan sebagai tujuan utama dalam hidup. Perlu kita ketahui pelopor seluruh keberhasilan manusia adalah keinginan. Keinginan yang kuat adalah kekuatan misterius  sosok genius yang sedang tidur dalam otak manusia yang mulai bangkit dan bekerja, keinginan adalah bara yang meletup menjadi lidah api di tungku upaya manusia dan menghasilkan uap yang menghasilkan tindakan (hal 18). Ketika kita memiliki keinginan yang kuat, maka sudah pasti kita akan memiliki semangat tinggi untuk bertindak, berusaha mewujudkan.

Kedua adalah percaya diri. Untuk meraih kesuksesan kita harus percaya pada diri sendiri. Karena kepercayaan diri memiliki peran penting bagi kita untuk membuka jaringan. Jika kita tidak mempercayai dan menghargai diri sendiri, bagaimana orang lain mau menghargai kita?  Kita harus memperlakukan diri sendiri sebagai sosok berharga. Kita harus menjadi seorang pemberi kerja keras bagi diri sendiri. Kita harus bernai mencoba dan jangan takut gagal. Shakespeare pernah berkata, “Keraguan adalah sang pengkhianat, sering kali kita kehilangan kebaikan yang mungkin kita menangkan ketika takut untuk mencoba.” (hal 28-29).

Ketiga adalah inisiatif artinya kita berani melakukan sesuatu tanpa campur tangan  orang lain. Kita tidak menunggu saran atau perintah seseorang atau tidak meniru perbuatan orang lain dalam melalukan sesuatu atau membuka bisnis. Namun kita berani mengambil langkah terlebih dahulu untuk membuka kesempatan bagi diri kita sendiri, guna membuka jalan kesuksesan yang kita cari.

Keempat adalah imajinasi. Imajinasi telihat sederhana, namun jika kita bisa memanfaatkan dengan baik, maka imajinasi bisa mengantarkan kita pada jalan kesuksesan.  Karena dengan berimajinasi kita bisa mendapat banyak gagasan-gagasan menarik yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan usaha atau bisnis yang sedang kita rintis.  Kita pasti pernah mendengar nama Christopher Columbus. Dengan memanfaatkan imajinasinya, Columbus—pelaut muda yang miskin berhasil menemukan sebuah negara baru, yang saat ini menjadi negara adidaya—Amerika.

Kelima adalah tindakan. Ketika kita ingin meraih kesuksesan maka kita harus berani bertindak. Jika kita tidak mau bertindak, maka kita tidak akan memperoleh kemajuan bahkan rugi. Kita pasti ingat dengan Thomas Edison, untuk menciptakan lampu pijar, dia menghabiskan seluruh hidupnya untuk mencari filamen terbaik. Itulah hasil tindakan yang mengantarkannya pada kesuksesan. Kesuksesan tidak mungkin datang tanpa usaha. Sedangkan sepanjang hidup kita akan terus bertemu dengan rintangan. Namun perlu kita ingat, selalu ada pelajaran yang bisa kita ambil dari rintangan yang ada. Di mana kita semakin kuat dan semakin berani melangkah.

Selain lima hal yang sudah dipaparkan penulis, tentu saja masih banyak rambu-rambu lain yang perlu kita pahami. Seperti kontrol diri, yang akan melatih kita untuk bertindak setelah berpikir pantang, bukan karena keegoisan semata. Ada pula antusiasme, kepribadian yang aktraktif, pikiran akurat, konsentrasi, kegigihan, belajar dari kegagalan, toleransi dan banyak lagi.

Buku ini sangat tepat dibaca bagia siapa saja yang ingin mengenal jalan kesuksesan dan agar tidak tersesat.  Sebuah buku yang sangat inspiratif dan memotivasi diri menjadi pribadi yang lebih baik.  Selain itu berbagai pemaparan yang diterangkan penulis, mengingatkan kepada kita semua untuk menghargai diri sendiri,  dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai rintangan ketika ingin meraih kesuksesan.

“Kita tidak mungkin sukses dalam usaha apa pun, kecil atau besar, penting atau tidak, jika kita hanya berpikir tentang apa yang ingin kita capai, duduk diam, dan menunggu sampai hal itu terwujud tanpa kesabaran serta upaya keras.” (hal 124).

Srobyong, 2 Agustus 2018

No comments:

Post a Comment