Friday 25 March 2016

[BlogTour] Come Back To Me Interview With Arini Putri


Selamat datang di blog sederhanaku. J Jika kemarin-kemarin aku mungkin hanya posting review buku atau curhatan tentang kisah aku dan buku. Kali ini aku membawa misi lain, lho. J Misi yang insya Allah akan  membuat teman-teman merasa senang. J. Karena kali ini aku datang dengan mengadakan BlogTour #ComeBackToMe karya Kak Arini Putri.

Yup, alhamdulillah aku mendapat kesempatan dari Penerbit Twigora untuk menjadi salah satu host  Blog Tour #ComeBackToMe. Terharu banget.  Ada 1 exlempar novel ini buat yang beruntung nanti. J
Sebelum kenalan dengan novel Come Back To Me, lebi baik kita kenalan dulu sama penulisnya. Kebetulan dalam blog tour kali ini aku  berkesempatan  mewawancarai penulis keren ini. Yuk, cap cus kenalan sama Kak Arini Putri.

Aku            : Apa yang melatar belakangi pembuatan novel ini, Kak? Ide kasarnya dari mana dan  kenapa memilih judul Come Back To Me? Mungkin ada filosofi khusus? 
Kak  Arini : Novel ini mulai ditulis setelah aku mendapat tawaran dari Abang Christian Simamora. Selain itu aku memang tertarik untuk menulis tentang gadis tuna netra. Untuk judul, aku diskusikan bersama Abang. Judul Come Back to Me sendiri muncul dari Abang dan aku merasa pas dengan judul itu. Judul itu aku rasa menggambarkan perasaan Ced dan Senna yang saling merindukan kehadiran satu sama lain.
Aku            : Apa sih motivasi Kak Arini  menjadi penulis?
Kak Arini : Awalnya, aku sendiri juga enggak tahu apa tujuanku menulis novel. Aku pikir, aku menulis cuma karena aku suka dan aku senang melihat reaksi orang-orang setelah membaca karyaku. Tapi seiring waktu, apa yang aku harapkan mulai semakin jelas. Dengan menjadi penulis, aku ingin berbagi cerita dengan banyak orang lewat tulisanku and I want to give them comfort.
Aku            : Menurut Kak Arini bagaimana membuat setting  dalam novel yang baik agar tidak terkesan tempelan?
Kak Arini : Hehe sebenarnya aku merasa belum pantas menjawab pertanyaan ini, karena aku sendiri merasa masih lemah di setting. Tapi sejauh ini panutanku adalah pelajari setting sedetail mungkin, supaya nantinya kamu bisa membangun suasana adegan dengan baik dan menyatu dengan setting. Dan walaupun kita punya banyak pengetahuan tentang setting, masukkan deskripsi setting seperlunya saja, sesuai kebutuhan cerita. Jangan berlebihan karena akan terkesan membosankan dan mirip buku panduan traveling hehehe.
Aku        : Bagi tips dong Kak, bagaimana cara membagi waktu antara menulis dan kesibukan di dunia nyata.  Biasanya kakak menulis itu memiliki jadwal sendiri atau menulis langsung ketika ada ide? 
Kak Arini : Sediakan jadwal untuk menulis. Walaupun cuma sebentar, enggak masalah, yang penting setiap hari ada waktu untuk menulis. Aku biasanya menulis malam hari, karena itu waktu yang paling minim gangguan dari orang-orang rumah. Kalau tiba-tiba terlintas ide, biasanya aku catat dulu garis besarnya.
Aku       : Dari beberapa novel yang sudah Kak Arini terbitkan, novel mana yang paling berkesan dan kenapa? 
Kak Arini : Uhm…mungkin…Goodbye Happiness? Sepertinya aku punya ikatan yang sangat kuat   dengan Skan. Kadang aku kesal sendiri dengan Skan, tapi di sisi lain aku mungkin yang paling sayang sama dia, selain Tink. Dan rasanya sampai saat ini aku masih sering merindukan Skan. Buat aku, walaupun ke depannya akan banyak tokoh-tokoh utama pria yang aku ciptakan, Skan selalu punya tempat di hatiku. ^^ Tapi Ced juga saingan berat buat Skan. Hehehe.

Nah ini ini  hasil wawancara singkat sama Kak Arini. Bagiamana proses kreatif dari pembuatan novel ini. Kalau masih penasaran lebih detail dengan sosok penulis ini ..., aku bocorin deh biodata lengkapnya.

Biodata Kak Arini Putri



ARINI PUTRI
Lahir di Surabaya, 22 Juli 1991. Lulusan Psikologi Universitas Gadjah Mada. Pengagum J.K. Rowling, Lemony Snicket, dan mulai menikmati karya Banana Yoshimoto. Seperti Senna, Arini menikmati baking yang baginya therapeutic.  Punya ketertarikan yang aneh pada lagu lawas Korea. Diam-diam berharap bisa bernyanyi semerdu Kim Taeyeon dan Lea Salonga. Saat ini, masih sibuk menulis novel dan mempelajari bahasa Korea.

Twitter : @arin_ni
Blog : ariniputri.wordpress.com

Nah sudah kenalan kan sama kakak kece ini. Setelah ini tunggu postingan review buku ini. So, jangan ke mana-mana. Tetap ikutin rangkaian blog tour ini, ya J

Kamu juga bisa pantengin BlogTour ini di blog lainnya, lho.  Ini, nih link alamat blog yang bisa kamu pantengin :) 

21 Maret
Mellisa Assa
 (masih berlangsung)


22 Maret
Athaya Irf
(masih berlangsung)

23 Maret
Martina Sugondo
(masih berlangsung)

24 Maret
Anastasia Cynthia Tanawi
(masih berlangsung)

25 Maret
Ratnani Latifah
(Yogi ) 

26 Maret
Asri Rahayu MS

27 Maret
Intan Novriza Kamala Sari

28 Maret
Sri Sulistyowati

29 Maret
LUCKTY GIYAN SUKARNO

30 Maret
Dedul Faithful




50 comments:

  1. Aku belom pernah baca Goodbye Happiness, sih. Jadi belom kenal sama dia T_T Tapi, dari review, aku suka loh sama Ced, hehehe. Dia tipikal cowok yang dipengeni semua cewek xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga belum pernah baca yang Goodbye Happiness. Tunggu reviewnya nanti, kita kenalan sama Ced lebih jauh biar tambah suka, lho promo hehh ^_^

      Delete
    2. Iya, ini aku mau kenalan. Dari review-nya Ced lovable banget deh >_<

      Delete
  2. Aku udah pernah baca goodbye happiness mbk. Asli bagus trus keren banget aku juga suka alur nya . Skan sama Tink... hheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kali pertama baca buku Kak Arini, dan jadi baper sama Ced :3 ya Allah, Tapi aku juga jadi penasaran sama Goodbye happines nih, hehhh

      Delete
  3. Yang nulis Rain over me itu ya...pernah baca yang rain over me, enak bacanya, ringan, ciri khas anak muda gitu deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu salah satu novelnya juga. Di novel terbarunya ini juga memakai bahasa ringan dan renyah ^_^

      Delete
  4. Parah .. aku belum baca Good Bye Happines T_T huhu susah banget dapat buku itu. Kecuali beli onloine T_T #TeamCed!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puk-puk Kak Athaya, aku juga belum baca, dan penasaran juga pengen nyomot itu buku :'(

      Delete
  5. Waah, makasi tips menulis setting ya kak Arini. Aku suka nulis, masih belajar sih hehe.. tapi suka bingung gimana caranya biar gak tempelan tapi juga gak kayak panduan perjalanan. Yaah, niatnya sih selain membayangkan interaksi antar tokoh dan tempat yang jadi latar di novel itu dengan jelas.
    Jadi selfnote banget ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaatnya, ya, ^_^. Memang dalam menulis setting itu agak-agak susah.

      Delete
  6. Ilmu luar biasa dari Kak Arini. Terutama tentang pembagian waktu untuk menulis karena saya masih agak kesulitan mengatur waktu. Hehe. Terima kasih Mbak Ratna dan Kak Arini.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak Tiana, pun denganku masalah bagi waktu juga masih kacau. Hhehh

      Delete
  7. Bahkan penulisnya aja ga bs move on dg tokoh utama. Apalgi pembacanya nih :)

    ReplyDelete
  8. Ikut BaPer ... terBawa Pernasarrannnh, sm semua judul yg disebut. Nama tokohnya unik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak Dini, aku pun jadi penasaran sama novel yang disebutkan itu ^_^ Pengen baca hehhh

      Delete
  9. Gak kuat sama ceritanyaaaaa😱😱 penasaran pollll👻👻

    ReplyDelete
  10. Mbak Arini anaknya aka novel udah makin banyak, tapi satu yang nggak berubah dari pertama kenal sama karya-karyanya, gaya menulisnya yang enak buat dinikmati. Selalu jatuh cinta 😍
    Semoga selalu sukses dengan karyanya dan terus nambah lagi novelnya 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga doa kamu didengar Kak Arini. Pasti Kak Arini senang banget. sukses buat Kak Terry juga ^_^

      Delete
  11. Belum baca karya mbak arini sebelumnya, tapi memang penasaran banget sama ceritanya.. :D
    AKu juga tertarik sama karakter Ced sama Senna di novel Come Back to Me.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti ada kesempatan baca karya Kak Arini ya. Dan novel ini juga

      Delete
  12. Masalah setting emang ribet >_<
    Penasaran setting di novel ini gimana? Katanya pemakaian setting seperlunya aja biar gak kayak buku travelling
    Aku juga belum baca Goodbye Happiness dan novel kak Arini lainnya. Tapi kayaknya respon buat novel Rain Over Me positif semua ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Fitra, suka galau kalau masalah setting. aku pun belum baca yang Goodbye Happiness jadi penasaran hehh

      Delete
  13. Salam kenal, Mbak @Arini. Saya kok nulis novel enggak, eh, belum kelar-kelar, ya? Jangan-jangan motivasinya yang kurang jelas ini. Sukses untuk #ComeBackToMe dan novel lainnya, ya .. juga yang punya blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sejodoh Mbak, nulis nggak kela-kelar. Aamiin, sukses buat Mbak Kayla juga :D

      Delete
  14. Aku juga pernah nyoba mau buat novel. Tapi ya itu kendala nya adalah waktu :( selalu ga ada waktu. Mau disediain juga pasti ada kegiatan lain yg membayang-bayngi. Hadeeeeh -_- semoga semakin sukses ya kak Arini dan blog ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih atas doanya. Semoga nanti Kakak Frida juga bisa membuat novel. ^_^

      Delete
  15. Author of the day is.....

    AJENG ARINI PUTRI.. ^_^

    Gadis kelahiran Surabaya 22 Juli 1991 ini telah lama jatuh hati pada dunia tulis menulis. Gaya tulisan ala drama Asia adalah ciri khas mahasiswi Psikologi UGM ini. Salah satu penulis sumber inspirasinya adalah Dewi ‘Dee’ Lestari. Nantinya ia ingin menjadi penulis sekaligus penyanyi yang sukses seperti Dee.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Usia penulis yang satu ini sebenarnya cukup muda loo. Tapi yang membuat aku kagum dengan kak Arini adalah dia sudah 4 kali nerbitin buku (eh, bener gak 4 buku? seingetku sih gitu).
    Pake gandeng penerbit2 ternama lagi, duuhh jadi ngiri euyy sama kakak cantik satu ini, hehe.
    Dengan adanya kak Arini, otomatis juga bisa menambah semangat anak2 muda lain untuk berkarya, terutama dalam bidang sastra.
    Hmmm... semoga salah satunya aku, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin iya, semoga saja Kakak bisa mengikuti jejak Kak Arini. Memang penulis muda satu ini sangat inspiratif ^_^

      Delete
  18. Wah. Saya belum berkesempatan baca Goodbye Happiness nih. Tapi kalau Rain Over Me sudah. Saya suka gaya menulisnya. Lincah dan menarik diikuti! Tidak sabar untuk Come Back to Me!

    ReplyDelete
  19. Mba arini keren dan berbahaya. Ini buku pertama yang aku baca reviewnya, sebelumnya aku ga tau. Semua pembaca dibuat penasaran dengan kisah Ced dan Senna. Berbahaya karena mulai saat ini tulisan mba arini akan digandrungi dan dinantikan kecanduan kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhehh bisa saja. Tapi memang habis kenalna sama Kak Arini jadi penasaran dengan karya-karyanya ^_^

      Delete
  20. Aku belum pernah baca karya mba Arini, tapi baca reviewnya aku yakin novelnya tak mengecewakan. Apalagi di rekomen sama Abang Christian.

    ReplyDelete
  21. Jadi pengen baca Goodbye Happiness deeh 😆

    ReplyDelete
  22. Maksudnya "tempelan" itu gimana ya? Aku agak kurang ngerti ehehe. Tapi setuju juga sih dengan jawaban Mbak Arini. Kalau terlalu detail jadinya malah kayak buku panduan travelling. Terlalu banyak yang muncul di imajinasi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempelan itu berarti dalam setting tidak detail atau malah hanya menyebutkan nama tanpa ada gambaran yang nyata. Tapi nggak asyik juga kalau diceritakan detail malah kayak artikel hehh

      Delete
  23. Kyaaa GoodBye Happiness...
    Aku proses pemesanan.. heheh
    Penulisnya aja suka, berarti ceritanya baguss... yeyyyy
    Akhirnya ada pencerahan utk karyanya mbak Arini selain CBTM ini ;)

    ReplyDelete
  24. Aaaa ngeliat sesi tanya jawabaku jadi penasaran dengan karya karya mba arini. Terus berkarya mba! Ditunggu novel movel kece selanjutnya!

    ReplyDelete