Monday 29 January 2018

[Resensi] Belajar Fakta Sains dari Cerita

Dimuat di Kedaulatan Rakyat, Senin 15 Januari 2018 


Judul               : Superkidz Science Story : Keajaiban Alam Sekitar
Penulis             : Lish Adnan
Ilustrator         : Rahmat Algifari
Penerbit           : Visi Mandiri
Cetakan           : Pertama, Agustus 2017
Tebal               : 96 halaman
ISBN               : 978-602-612-257-5
Peresensi         : Ratnani Latifah. Alumni Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara.

Salah satu metode pendidikan yang bisa kita gunakan untuk memberi pelajaran dan wawasan  pada anak adalah metode membaca. Dan salah satu bacaan yang kerap disukai anak-anak adalah cerita-cerita yang juga dilengkapi gambar. Di mana dengan adanya gambar hal itu akan menumbuhkan daya imajinasi anak.

Sebagaimana buku ini, dilengkapi dengan gambar-gambar menarik dan lembar kegiatan aktivitas yang memacu daya ingat anak, pastinya akan membuat anak tertarik. Apalagi dalam buku ini penulis juga menambahkan tentang fakta-fakta sains yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya tentang proses fotosintesis, terjadinya hujan, terjadinya siang malam, mengapa daun berwarna hijau, kenapa kita butuh makan dan minuman, serta banyak lagi.  

Tidak ketinggalan, dalam setiap cerita yang disampaikan penulis, juga mengandung nilai-nilai pendidikan moral. Buku ini sangat patut dikenalkan kepada anak. Karena selain sebagai sarana menumbuhkan minat baca, anak bisa belajar tentang sains dan budi pekerti baik dari buku ini.

Misalnya saja kisah berjudul “Daun Merah Muda” yang mengajarkan kita untuk selalu meminta izin jika meminjam barang orang lain. Selain itu kita juga diajak mengenal kenapa daun bisa memiliki warna hijau. Bahwa daun yang berwana hijau berarti daun itu memiliki zat hijau daun atau disebut klorofil.  (hal 12-13). 

Ada pula kisah berjudul “Matahari Hilang”. Kisah ini mengingatkan kita untuk tidak suka memberi komentar negatif pada hal-hal yang kurang kita pahami. Sebaiknya kita bertanya dahulu jika belum paham atau tidak tahu. Lalu dalam masalah sains, dari kisah ini kita diajak mengenal bagaimana proses terjadinya siang dan malam. Di mana proses terjadinya siang malam ini memiliki hubungan erat dengan revolusi dan rotasi bumi (hal 30).

Tidak kalah menarih adalah kisah berjudul “Bentuk Awan yang Lucu”. Dari kisah ini kita diingatkan untuk tidak mudah putus asa. Jika gagal, kita harus segera bangkit dan mencoba  lagi. Dan kita juga dikenalkan dengan asal muasal terjadinya awan (hal 38-39).

Selain tiga kisah tersebut, tentu saja masih banyak kisah-kisah menarik yang patut kita ikuti.  Dengan bahasa yang mudah dimengerti anak, penulis membuat cerita-ceritanya menarik dan bersahabat. Apalagi kisah-kisah yang dituturkan kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari anak. Buku bagus dijadikan bacaan  bagi anak. karena  selain bisa menghibur juga menambah wawasan dan mengajarkan pendidikan budi pekerti baik bagi anak.

Srobyong, 30 Desember 2017 

No comments:

Post a Comment