Friday 16 December 2016

[Resensi] Meneladani Nabi dan Rasul

Dimuat di Kedaulatan Rakyat, Sabtu 10 Desember 2016 


Judul               : Cerita Seru 25 Nabi dan Rasul
Penulis             : Ririn Astutiningrum (Ummu Rumaisha)
Penerbit           : Dar Mizan
Cetakan           : Pertama, Oktober 2016
Halaman          : 120 hlm
ISBN               : 978-602-420-194-4
Peresensi         : Ratnani Latifah. Penikmat buku dan literasi. Alumni Unisnu Jepara.

Nabi dan Rasul adalah yang diutus Allah untuk menyampaikan wahyu dan mengamalkannya. Ada 25 nabi dan rasul yang wajib diketahui umat Islam.  Mengetahui kisah sejarah mereka, merupakan salah satu pengetahuan dasar yang harus diketahui sebagai umat Islam. Dan sebaiknya dikenalkan sejak dini pada anak. Karena dari kisah tersebut,  anak bisa mengambil banyak pelajaran. Di antaranya adalah tentang pendidikan karakter,  menambah iman dan meneladani kesalihan-kesalihan yang dimiliki para nabi.

Misalnya dalam kisah Nabi Nuh. Di sini ada pesan, bahwa Islam adalah agama yang lunak, penuh kasih sayang dan tidak suka membeda-bedakan. Semua makhluk memiliki derajat yang sama.  (hal 17).  Atau dalam kisah Nabi Ismail yang selalu taat pada orangtua dan perintah Allah. Serta Nabi Ayyub yang memiliki kesabaran yang luas. Meski berkali-kali dicoba dengan cobaan yang berat, Nabi Ayyub tetap sabar dan ikhlas. Dia tidak mudah berpaling meski berkali-kali digoda oleh setan. Di sini anak akan belajar tentang keteguhan hati.

Banyak keteladanan adalah kisah Nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi terakhir.  Beliau lahir tanggal 12 rabi’ul awal tahun gajah.  Sejak kecil kehidupan Nabi Muhammad sudah penuh liku namun selalu bersabar. Beliau tumbuh menjadi seorang yang tanggung jawab dan bisa dipercaya. Hal itu yang kemudian membuat Nabi Muhammad mendapat gelar ‘al-amin’ (hal 111).

Saat ini, memang sudah banyak buku dengan tema yang sama diterbitkan. Namun buku ini memiliki keunikan tersendiri dari kebanyakan buku lain. Di mana dalam buku ini selain menjabarkan kisah para nabi dan rasul, anak juga akan dikenalkan ayat-ayat Al-Quran yang masih berhubungan dengan kisah yang diceritakan.  Ditambah lagi buku ini dilengkapi dengan berbagai permainan anak yang memiliki tujuan, mengasah otak dan kreativitas anak, serta meminimalisir kebosanan anak jika hanya terpaku pada bacaan.  Semua kisah di sini diceritakan dengan gaya bahasa yang lugas, sudah pasti akan memudahkan anak untuk memahaminya.

Srobyong, 2 Desember 2016 

No comments:

Post a Comment