Dimuat di Harian Singgalang. Minggu 23 September 2018
Judul :
Selling Easily and Smartly
Penulis :
Hingdranata Nikolay
Penerbit :
Gramedia
Terbit :
Mei 2018
Tebal :
380 halaman
ISBN :
978-602-03-0560-8
Peresensi :
Ratnani Latifah. Alumna Univesitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara
Profesi sales
bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak peduli tua-muda, besar-kecil, pria-wanita,
lajang-berpasangan-berkeluarga, tingkat pendidikan apa pun, disiplin apa pun,
suku atau agama apa pun, merasa PD atau ragu, semua memiliki kesempatan menjadi
sales profesional.
Saat ini profesi sales mulai diminati banyak orang. Dari berbagai sumber, dinyatakan bahwa profesi ini
memiliki banyak keuntungan. Misalnya memiliki jaringan luas, pekerjaan yang stabil di semua zaman, gaji yang berlipat ganda, dan adanya kebebasan saat bekerja, karena
tidak selalu berada di kantor. Hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan
baik di Indonesia juga di negara lain yang membuka lowongan pekerjaan
sebagai sales profesional.
Buku ini
dengan paparan sederhana dan tampilan buku yang menarik, akan mengajak kita
memahami tentang konsep yang baik ketika kita ingin menjadi sales
profesional. Kita bisa belajar tentang
bagaimana cara menjual dengan mudah
dan cerdas, sehingga kita bisa
menghasilkan banyak uang serta memperoleh keuntungan.
Menjual adalah skill yang bisa dipelajari dan
dikuasi. Owen Fitzpatrick, Licensed
Master Trainer of NLP berpendapat, “Menjual adalah mengenai kepercayaan diri
dan daya pengaruh. Menjual adalah mengenai memiliki sikap yang tepat dan
didukung oleh skill yang tepat. Menjual bukan hanya tentang membaca
kalimat-kalimat sales hebat, melainkan menjadi seorang pembicara yang
hebat. Menjual bukan saja mengenai fakta dan angka, melainkan mengenai memahami
emosi dan perasaan yang terlibat di dalamnya.” (hal xxi).
Berikut adalah tips yang dipaparkan penulis, agar
pembaca bisa menjual dengan mudah dan cerdas.
Di mana langkah awal yang perlu kita lakukan adalah menentukan identitas
diri dan memantapkan komitmen. Artinya kita mengakui dan menikmati pekerjaan
tersebut. Dengan mengakui bahwa kita
adalah seorang sales, maka hal itu bisa membangun semangat kita,
sehingga bisa menjual dengan maksimal dan konsisten. Sebaliknya jika sejak awal kita tidak
mengakui profesi sebagai sales, maka hal itu bisa membuat kita tidak
semangat selama bekerja. Dampaknya kita pun kesulitan dalam menjual produk yang
kita bawa.
Kemudian kita harus percaya diri sebagai
penjual. Dengan memiliki kepercayaan
yang tinggi, akan membantu kita dalam menjaga komunikasi dengan banyak pihak.
Kemahiran berkomunikasi akan sangat membantu dalam menjaring pembeli. Agar bisa
membangun dan menjaga PD, Ada tiga elemen penting yang sangat memengaruhi
kepercayaan diri (PD) seorang sales profesional atau profesi apa pun,
yakni yang di dunia NPL (Non Performing Loan) disebut V-A-K : Visual,
Auditory, Kinesthic.
Selanjutnya adalah kita harus memahami dengan benar
produk atau jasa yang akan diperjual belikan. Karena ternyata keyakinan bisa menjual, merasa diri sebagai penjual dan
positif thinking saja tidak cukup (hal 67). Banyak kekeliruan yang
dilakukan para sales, ketika ingin memasarkan produknya. Di mana para sales
hanya sekadar membaca dan menghafal spesifikasi produk dari daftar katalog.
Padahal sebagai sales kita perlu mengetahui lebih luas tentang produk
itu sendiri. Dimulai dari spesifikasi, cara pembuatan, sejarah dan manfaat dari
tiap feature atau andalan, sampai produk atau jasa kompetitor.
Sebagai seorang sales kita juga harus mengetahui
tentang skill teknik penjualan.
Selalu update diri dengan konsep, teknik dan strategi menjual
yang baru dan berbeda, akan membuat peluang produk kita terjual lebih banyak.
Jika banyak produk yang terjual, maka otomatis keuntungan yang kita terima akan
semakin tinggi.
Tidak kalah penting, kita juga harus pandai
menjaring orang-orang baru. Menurut
pakar penjualan, network is power. Hal itu merupakan trik dunia penjualan yang
sangat jitu. Jika kita menjual tanpa fokus membangun network yang luas
dan kuat sama seperti membangun istana pasir.
Oleh sebab itu, salah satu pebisnis wanita yang usahanya cepat meroket
dalam kurun waktu 5 tahun, selalu memberikan dua target kepada para sales
profesional. Yaitu target sales dan target networking. Maksudnya,
selain angka terget penjualan, dia menargetkan berapa calon pelanggan baru yang
harus ditemukan para sales (hal 73).
Selain yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja
masih banyak tips dan trik menarik yang bisa kita pelajari untuk memperoleh
uang dengan cara mudah dan cerdas berjualan. Seperti selalu memasang target
penjualan, menyiapkan produk dengan baik, memerhatikan penampilan yang bersih
dan menarik, serya banyak lagi. Buku ini sangat membantu bagi siapa saja yang
ingin memulai menjadi sales profesional.
No comments:
Post a Comment