Wednesday 17 May 2017

[Resensi] Seni dalam Menghadapi Kesulitan

Dimuat di Radar Mojokerto, Minggu 30 April 2017 

Judul               : Ada Pelangi di Balik Hujan
Penulis             : Satria Nova
Penerbit           : Mizania
Cetakan           : Pertama, September 2016
Tebal               : 208 hlm
ISBN               : 978-602-418-079-9
Peresensi         : Ratnani Latifah.  Alumni Universitas Islam Nahdlatul Ulama. Jepara.

Setiap hal diciptakan Allah berpasang-pasangan. Ada suka ada duka. Ada manis juga pahit. Begitu pula di balik kesulitan pasti akan selalu ada kemudahan. Di sinilah, manusia dituntut untuk bisa menyikapi setiap ujian yang kadangkala menyapa. Bahwa Allah memberikan cobaan itu pasti sesuai kapasitas yang dimiliki masing-masing individu. Allah tidak mungkin memberi cobaan di luar kemampuan hamba-Nya.

Buku ini mencoba memaparkan apa saja  yang berhubungan dengan sebuah ujian atau  kesulitan. Bagaimana memaknai kesulitan itu, bagaimana seni mengelola kesulitan hingga tips dan trik jitu dalam menghadapi berbagai kesulitan hidup yang sering kita alami sehari-hari.

Bahwa ujian dan kesulitan itu, Allah ciptakan dengan beberapa alasan. Di antaranya adalah untuk  mengetahui kadar iman dan kemunafikan seseorang, untuk melihat siapa yang paling baik amalnya, untuk menempa diri menjadi pribadi yang lebih baik, sebagai teguran akan khilaf yang pernah dilakukan, sebagai balasan dari perbuatan maksiat yang pernah kita lakukan juga sebagai penggugur dosa (hal 22-23).

Kemudian bagaimana seni mengelola kesulitan adalah  kita harus membiasakan diri bersikap positif.  Dalam artian, selalu memiliki pikiran positif. Tidak selamanya Allah memberikan apa yang kita inginkan, tapi Allah memberikan apa yang kita butuhkan (hal 79).  Dengan berpikir positif hati akan merasa tenang dalam menghadapi segala kesulitan yang menyapa.

Cara lain yang perlu diterapkan adalah memiliki motivasi positif.  Yang artinya ketika kesulitan datang kita memiki kekokohan hati karena selalu bersandar kepada Allah. Memiliki kesabaran yang lebih tinggi untuk mencoba bangkit. Motivasi di sini sama halnya dengan niat. Dan niat yang baik akan membawa dampak baik bagi pemiliknya.

Tidak lupa ketika kesulitan menyapa, memperbanyak doa adalah jalan seni yang baik agar Allah memberi kemudahan. Perlu kita catat ada dua kekuatan super yang jika digabung akan menghasilkan dampak yang luar biasa—yaitu kekuatan usaha dan doa (hal 107).  Namun perlu diingat setelah berdoa, kita juga harus memperbanyak kesabaran. Karena kemenangan yang sesungguhnya akan datang bersama dengan kesabaran.

Selain yang sudah dipaparkan masih banyak hal yang perlu diketahui tentang bagaimana seni dalam menghadapi berbagai kesulitan juga tips dan triknya yang pas untuk menghadapinya.  Buku ini dipaparkan dengan gaya bahasa yang renyah dan memikat. Ditambah dalam buku ini juga dilengkapi kisah inspiratif yang pastinya bisa dijadikan perenungan diri. Sebuah buku yang patut dibaca untuk menjadi jalan muhasabah.

Srobyong, 11 Februari 2017 

2 comments:

  1. Ooh, Radar Mojokerto juga ada resensinya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, dulu di Radar Mojokerto sempat ada rubrik resensi. Tapi sudah sejak beberapa minggu di sana tidak lagi memuat esai dan resensi.

      Delete