Sunday 24 January 2016

[Review] 19 Jurus Lancar Menulis



Maraknya lomba menulis yang saat ini banyak beredar dan diikuti banyak peserta,  menandakan minat menulis yang semakin tinggi.  Karena itulah  bisa menulis dengan lancar dan produktif adalah harapan semua orang yang memang menyukai dunia literasi. Apalagi bagi penulis pemula yang masih sering terkena sindrom  write block. Masih bingung bagaimana mulai menulis dan mengeksekusinya. Bingung memilih judul yang membuat penasaran dan bagaimana agar tulisan itu bisa tembus media atau malah bisa diterbitakan secara mayor.  Selain yang telah disebutkan sebelumnya, masih banyak sekali kebingungan-kebingunan lain yang dimiliki para penulis pemula. Buku ini cocok  untuk mengatasi semua masalah itu. Buku ini berisi jurus-jurus keren dan tips-tips jitu agar bisa menulis dengan lancar.

Asyiknya lagi, buku ini bisa dibaca secara acak, disesuaikan dengan apa yang sedang dibutuhkan.  Pada dasarnya buku ini terdiri dati tiga bagian yaitu Fiksi. Jurus yang bisa diambil di sana adalah, Jurus Menulis Novel Romance, Jurus Menulis Teenlit Berisi, Jurus Menulis Horor Mistis, Jurus Rahasia Menulis Komedi, Jurus Menulis Horor Komedi, Jurus Dasar Menulis Novel, Jurus Menulis Fans Fiction yang Sexy, Jurus Menulis Flash Fiction dan Jurus Menulis Puisi Tanpa Teori.

Yang kedua Non Fiksi, terdiri dari Jurus Menulis Personal Literature, Jurus Menulis Memoar, Jurus Menulis Go Blog yang Cerdas, Jurus Menulis NonFiksi yang Dilirik Penerbit dan jurus Menggali Ide Menulis Buku Motivasi dari Kehidupan Sehari-hari.

Dan bagian ketiga ada Tips dan Trik. Di sini akan dipaparkan Jurus Memilih Judul Tulisan, Jurus Mudah Tembus Media, Jurus Manis Menang Lomba Menulis dan Jurus Menghadang Seribu Alasan Gagal Menulis. Lalu ada bonus Jurus Para Leluhur Iklan : Membuat Iklan Televisi.

Pada bagian Fiksi bisa langsung melahap jurus-jurus jitu yang sudah disuguhkan : 
  • Jurus Menulis Novel Romance  ala Ari Keling. (hal. 1) 

 Penulis yang sudah menelurkan  13 novel dengan berbagai genre ini memberikan kiat-kiat apa yang harus dilakukan jika ingin membuat novel romance yang keren. Pada bab itu kita akan disuguhi tentang apa yang perlu dipersiapkan ketika  memilih tokoh, memasukkan setting biar tidak terkesan tempelan, mengolah plot, ide dan memasukkan unsur perasaan.  

  •  Jurus Menulis Teenlit Berisi  oleh Vivie Hardika (hal. 15)

Nah yang suka teenlit bisa langsung melahap ini. Bagaimana menulis dengan gaya bahasa renyah dan tidak kaku.
  • Jurus Menulis Horor Mistis oleh Lonyek Rap (hal. 31)
Di sini akan dikupas tentang 5 zat-zat penting dalam cerita horoe mistis. Ini sangat perlu dicatat. Lalu selanjutnya dikupas tuntas 8 jurus yang bisa membuat horor mistis.

  • Jurus Rahasia Menulis Komedi  oleh Ceko Spy (hal. 47)
Suka menulis komedi? Ada 3 jurus yang bisa dipraktikkan agar cerita yang kita buat biasa mengocok perut pembaca.

Dan banyak lagi jurus lainnya yang tidak kalah hebat. 


Bagi yang suka menulis nonfiksi  ada 5 jurus yang bisa diintip, salah satunya, 
  • Jurus Menulis Personal Literature oleh Eva Sri Rahayu (hal. 127)
  • Jurus Menulis Memoar  oleh Astuti Parengkuh (hal. 141)
Dua jurus di atas sama-sama menceritakan kisah nyata penulis. Tapi kenapa namanya bisa beda ... bisa langsung baca sendiri. 

Lalu ada lagi yaitu, 
  • Jurus Menulis Nonfiksi yang Dilirik Penerbit  Monica Anggen. (hal.  163)

 Penulis yang sudah tidak diragukan kemampuannya dalam menulis nonfiksi  juga penulis fiksi dengan senang hati membeberkan jurus jitu yang patut ditiru.  Di sini penulis akan mengulas 10 jurus jitu yang bisa diserap.  Kenal diri sendiri, menetukan tema, perlunya data dan referensi, membuat outline, menawarkan pada penerbit, mulai menulis, write’s block dan Brainstroming, ketika naskah selesai, Proof reader, waktunya mengirim naskah. Lebih detailnya lagi bisa langsung baca sendiri.

Pada bagian tips dan trik, kita akan diajari banyak jurus yang sering digalaukan oleh para penulis  yaitu :
  •  Jurus Memilih Judul Tulisan oleh  Pilo Poly (hal. 201) 
  • Jurus Mudah Tembus Media oleh Zya Verani (hal. 215) 

  Di mana akan dipaparkan 8 cara. Yaitu; Pelajari media yang diincar, mempercantik tulisan, mengendapkan naskah, menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti, menangkap momentum tertentu, membuat paragraf yang keren, membuat judul yang nendang dan jangan menyerah. Ulasan lebih detail bisa dilihat sendiri di buku. 

Dan kadang kala banyak penulis suka bingung kenapa ketika mulai menulis namun pada tengah jalan sering gagal, maka sangat dianjurkan membaca jurus ini, 
  • Jurus Mengahadang Seribu Alasan Gagal Menulis oleh (hal. 243) 

Arista Devi menjabarkan apa yang kadang dilupakan ketika ingin menjadi menulis. Bahwa untuk memulai menjadi penulis, kita sendiri harus mau membaca, tidak malas dan memiliki banyak alasan, mau berusaha untuk belajar, jangan terpaku pada teori menulis, karena yang terpenting itu menulis dulu baru bisa diperbaiki lagi.

Buku yang patut dibaca bagi penikmat literasi. Karena dari buku ini kita akan mendapat banyak pengetahuan yang tidak kira. Mungkin banyak buku lain yang membahas tips dan trik menulis sebagaimana tema buku ini, tapi buku ini memiliki keunikan tersendiri. Di mana  buku ini ditulis oleh para penulis yang memang sudah mumpuni dalam bidangnya. Ada juga quote yang memotivasi untuk menulis. Seperti, “Jika ada buku yang ingin sekali kau baca tapi belum ada yang menulis, maka kamu harus menulisnya.” ~Toni Marrison~

Hanya saja, layout yang dipilih meski memang bagus dan sesuai dengan setiap tema, tapi itu  sedikit mengganggu kenyaman membaca. Karena background yang diambil menjadi tumpang tindih dengan tulisan.  Lepas dari kekurangan itu, buku ini tetap recomended untuk dijadikan koleksi. Karena manfaat yang bisa diambil memang sangat banyak.

Judul               : 19 Jurus Mabuk Penulis Suktres
Penulis             : Mayako Aiko, Ceko Spy, dkk
Editor              : Monica Anggen , Evi Sri Rahayu
Penerbit           : Universal Nikko
Cetakan           : 1, Agustus 2015
Halaman          : 285 Halaman


ISBN               : 978-602-9458-21-3

12 comments:

  1. Replies
    1. Iya Mbak, seru banget buku ini covernya juga bikin sutres nulis hehh

      Delete
  2. wah bisa ini buat yang baru belajar menulis kayak saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buku ini recomended banget buat belajar menulis yang lebih baik

      Delete
  3. Hai, terimakasih sudah mau mengulas buku antologi 19JMPS ya. Salam kenal
    :)
    Keep ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, buku ini memang keren. Banyak ilmu yang bisa aku culik, hehh. Salam kenal kembali Mas Hadi. ^_^

      Delete
  4. Keren sekali ulasannya. Buku ini didedisikan untuk para pejuang pemula dunia literasi. Namun untuk penulis-pemulis senior bisa melirik bidang lain seperti menulis industri iklan.

    Salam
    mayokO aikO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Pak, sudah berkenan mampir. Iya banyak ilmu yang bisa saya dapat setelah baca ini. Tinggal apresiasi. Semoga bisa ^^

      Delete
  5. Review yang asik. Terima kasih sudah mau mengulas buku 19 JMPS. Salam kenal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Kak Akarui Cha. Terima kasih juga sudah berkenan mampir di blog saya ^_^ Dan salam kenal kembali. ^^

      Delete