Thursday 28 January 2016

[Review] Edukasi Gizi Lewat Cerita Anak



Judul                           : Cerita Anak Terbaik Sepanjang Masa Seri Aku Anak Sehat
Penulis                         : Dyah Ummi Purnama
Penerbit                       : Visimandiri
Harga                          :  Rp 50.000,00
Halaman                      : 112 halaman
Blurb
Anak cerdas, sehat, dan kreatif adalah dambaan orangtua. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengasah kecerdasan dan kreativitas anak. Dan selalu ada cara pula untuk mengenalkan pola hidup sehat pada anak-anak. Salah satunya melalui buku ini. Buku ini menyajikan cerita menarik yang sarat ilmu pengetahuan. Di dalamnya berisi banyak pelajaran bagi anak-anak tentang pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat. Anak-anak juga akan diajak belajar memasak dengan bahan sederhana dan memahami manfaat makanan bagi kesehatan. Selain dapat bukunya, anak-anak juga dapat menggunakan kartu kuartet untuk belajar mengenal vitamin. Belajar pun jadi menyenangkan!
~*~
Mau belajar dari cerita dengan muatan banyak ilmu pengetahuan? Sebuah buku yang membahas Edukasi Gizi Lewat Cerita Anak berjudul  “Cerita Anak Terbaik Sepanjang Masa Seri Aku Anak Sehat” bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk dibaca anak-anak Indonesia. Buku ini berisi tujuh cerita. Ceritanya asyik, unik dan sudah pasti memiliki banyak hikmah yang bisa diteladani. 
Semisal cerita yang berjudul “Rabun Ayam Karena Suka Makan Ayam?” Diceritakan ada seorang anak bernama Dani yang kesulitan melihat ketika waktu senja. Dani mengira dia sukar melihat karena suka makan mata ayam. Padahal tentu saja bukan itu alasannya. Akhirnya setelah Dani membaca buku Ensiklopedia kesehatan, dia jadi tahu alasan sebenarnya dia memiliki kesulitan melihat. Dia kekurangan vitamin A. 
Lalu ada cerita yang berjudul “Beri-Beri Tidak Sama dengan Biri-Biri”  Dani tidak terlalu peduli ketika Lala menceritakan bahwa ada orang yang terkena penyakit Beri-Beri. Dani malah dengan santainya bercanda kalau Beri-Beri terjadi karena orang itu suka mengembik seperti Biri-Biri. Tapi ternyata dia salah, temannya Sianipar mengatakan kalau Opunya juga terkena penyakit Beri-beri. Dani pun akhirnya membaca buku Ensiklopedia bersama Lala. Dari sana dia tahu bahwa sakit Beri-Beri itu karena kekurangan vitamin B.
Tidak kalah keren itu cerita yang berjudul “Hii Kurang Darah Karena Digigi Vampir?” Hujan tiba-tiba turun dengan deras dan kemudian menyebabkan listrik mati. Kebetulan Fira yang saat itu sedang menonton Vampir jadi ketakutan karena terus terbayang Vampir yang menggigit manusia hingga kehabisan darah. Dan dia semakin takut ketika mengingat Nia temannya tidak masuk sekolah karena sakit Kurang Darah. Fira langsung membayangkan Nia itu digigit Vampir. Tapi ternyata dugaan Fira salah, setelah dia membaca buku yang dipinjam dari perpustakaan, dia tahu bahwa Nia sakit Anemia Macrocytic Megaloblastic yang terjadi karena kekurangan vitamin B 12.
Selain tiga cerita itu ada juga empat cerita lain yang tidak kalah seru. Yaitu; Ketika Awan Sakit Sariawan, Adik Bayiku Dijemur, Si Kulit Bersisik yang Pandai Memancing, dan Awas Ada Sungai Darah. Bagaimana ceritanya  dan vitamin apa yang akan dibahas nanti ..., bisa langsung dibaca dalam buku ini.

Sebuah buku anak yang bagus dan diharapkan menjadi bacaan yang bermanfaat. Karena selain memuat cerita yang unik, asyik dan menarik, buku ini juga memuat banyak pengetahuan. Yaitu;  belajar tentang vitamin untuk anak, pentingnya vitamin yang cukup dan kandungan vitamin pada berbagai sumber makanan, dan resep makanan yang mengandung vitamin.  Semua itu dibahas sesuai dengan urutan cerita. Jadi setelah membaca cerita yang seru, anak-anak langsung bisa belajar juga mengenai akibat yang akan terjadi jika kekurangan vitamin-vitamin itu. Sangat cocok untuk dijadikan bacaan untuk anak-anak. Dan tidak ketinggalan ada lembar aktivitas dan bonus kartu kwartet sumber vitamin.           

No comments:

Post a Comment