Monday 28 December 2015

[Review] Menambah Pengetahuan dengan Membaca Komik Hasna



Judul               :  Hasna: Mengaji Itu Menepati Janji
Penulis             : Linda Satibi
Penerbit           : PT. Elex Media Komputindo
Cetakan           : 1, November 2015
Halaman          : 160 halaman
ISBN               : 978-602-02-7389-1

Pengatahuan itu bisa didapat dari mana saja. Misalnya memalui pengalaman langsung atau lewat buku. Bahkan bisa juga melalui komik, cerita bergambar. Seperti Komik Hasna, di mana komik ini banyak menyimpan pengetahuan yang patut diketahui anak-anak sejak dini. Dalam komik ini nanti akan dijumpai 44 cerita tentang Hasna bersama keluarga dan teman-temannya. Selain tokoh Hasna yang menonjol ada juga tokoh Salman, adik Hasna yang tidak kalah lucu dan pintar, Salman.  Komik ini memang dikemas ringan dan akan membuat tersenyum jika membacanya.

Salah satu cerita yang menarik adalah sebuah cerita yang berjudul “Datang Keundangan”. Diceritakan Ibu Hasna akan menghadiri undangan. Ibu Hasna lalu mengajak Hasna dan Salman. Awalnya mereka menolak karena malas namun tiba-tiba mereka memutuskan ingin ikut. Entah ada alasan apa yang membuat Hasna dan Salman berubah pikiran. (hal. 5) yang pasti cerita ini akan membuat tersenyum.

Ada juga cerita yang berjudul “Jangan Pipis Sembarangan” (hal. 17). Cerita ini tidak kalah lucu dengan yang lain. Menceritakan tentang keinginan ayah Hasna yang ingin ikut kerja bakti untuk membersihkan lorong yang jadi jalan tembus dari blok rumah Hasan ke blok rumah Arik. Lalu Hasna dan Salma ikut berkomentar tentang bau lorong yang sangat menganggu dengan celoteh-celoteh lucu mengenai orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dengan pipis sembarangan. Kira-kira celoteh apa sih yang diucapkan Salman, ya?

Linda Satibi, sang penulis pandai sekali menyampaikan pesan lewat cerita-cerita sederhana namun sangat mengena di hati.  Lalu sebuah cerita lain, “ Makan Banyak, Nggak Kenyang?” (hal.  42) Bagimana hal itu bisa terjadi? Padahal biasanya kalau setelah makan, itu kan pasti kenyang. Cerita lengkapnya bisa dilihat dalam Komik Hasna ini.

Atau ada pula cerita “Shalat Juga Harus Rapi” Ada sindiran halus dalam cerita ini  sebagaimana diucapkan Salman “Itu tempat makan kita saja, kalau selesai harus disusun yang rapi, masa’ kita yang shalat nggak rapi ... Betul nggak?” (hal. 61)

Cerita selanjutnya, kita akan diajak untuk menyayangi binatang, langsung saja baca ceritanya yang berjudul “Hewan Juga Punya Perasaan” (hal. 63) Lalu ada pula aturan bagaimana cara memberi salam yang baik (hal.117)

Dan masih banyak lagi cerita-cerita tentang Hasna yang tidak kalah menarik. Cerita dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. Meskipun banyak komik yang hampir serupa, Komik Hasna memiliki keunggulan tersendiri dari komik yang lain. Yaitu dalam setiap akhir cerita penulis menambahinya dengan hadis-hadis serta kesimpulan dari cerita tersebut. Misalnya tentang sebuah hadis yang mengajarkan kebersihan “Islam itu agama yang bersih, maka hendaknya kamu menjadi orang yang bersih, sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih.” (hal. 27)

Hanya saja kadang dalam komik ini ditemukan percakapan yang agak membingungkan, salah penempatan pada tokoh seperti pada  cerita "Sayangi Sesama" kalimat yang harusnya diucapkan Salman malah dikatakan temannya. Dan ada juga Tokoh pada judul dengan tokoh cerita tidak sama. Seperti dalam cerita "Ringga Sayang Nenek" dalam cerita ini tokohnya bernama Opang, bukan Ringga. Atau mungkin ini nama panggilan? 

Lepas dari kekurangannya itu, komik  ini memuat banyak sekali pengetahuan seperti : anjuran untuk makan bersama agar bisa berkah, keutamaan memenuhi undangan, selalu menjaga kebersihan, keutamaan menghafal Al-Quran, mengaji bersama, jangan menunda waktu shalat, merapikan barisan shalat, menyayangi binatang, anjuran dan tata cara mengucapkan salam dan masih banyak lagi pengetahuan yang bisa didapat. Sangat cocok untuk dibaca anak-anak. Karena selain menghibur juga memiliki banyak manfaat dan menambah banyak pengetahuan. 

No comments:

Post a Comment