Thursday 24 January 2019

6 Hal yang Membuat Ketagihan Nge-blog






Menjadi narablog   memang bukan mimpi panjang saya. Mimpi saya adalah menjadi seorang penulis. Namun saya tidak pernah menyesal pernah mengenal dunia blogging dan bersenang-senang di sana. Yang ada saya malah merasa senang dan bersyukur. Saya keranjingan dan bahkan bangga menjadi narablog di era digital.  Karena siapa sangka,  blog yang awalnya saya buat untuk sekadar suka-suka dan belajar menulis, kini menjadi sesuatu yang menyenangkan dan membawa manfaat. 

Bagaimana tidak? Berkecimpung dan menjadi blogger telah mengenalkan saya pada berbagai pengalaman yang menyenangkan.   Berikut adalah hal-hal menyenangkan yang pernah saya dapat ketika menjadi blogger:

  1. Dari Menulis di Blog sampai Menulis di Koran


Sekitar tahun 2014 saya mulai membuat blog dan menulis di sana. Dari menulis puisi, cerpen, cerita horor, cerita anak, komedi, artikel agama dan resensi.  Sering menulis di blog ternyata membuat kemampuan  menulis saya lebih terasa. Dari menulis blog, alhamdulillah saya berhasil menulis dan dimuat di berbagai  koran. Baik itu cerpen, cerita anak juga resensi.


Seperti di Koran Jakarta, Radar Lampung, Lampung Post, Kedaulatan Rakyat, Padang Eskpres, Radar Sampit, Radar Madura, Kabar Madura, Tribun Jateng, Jateng Pos, Analisa Medan, Minggu Pagi,  Republika, Harian Singgalang, Radar Banyuwangi, Banjarmasih Post, Malang Post, Duta Masyarakat, Haluan Padang, Radar Mojokerto, Rakyat Sultra, Solo Pos, Samarinda Pos, Kompas dan banyak lagi.

  1. Menerbitkan Buku Non-Fiksi dan Buku Anak


Selain berhasil tembus di koran, saya juga mulai merambah mengirim tulisan di penerbit. Kabar baiknya, ada dua naskah cerita anak saya berhasil terbit di Penerbit Visi Mandiri. Kemudian ada pula buku solo non-fiksi saya yang berhasil diterbitan di Quanta (Elex Media Komputindo).  Selain itu ada pula buku antologi yang terbit di Diva Pres, Indiva Media Kreasi, Elex Media Komputinto. Tidak ketinggalan ada pula buku duet yang terbit di Quanta dan Genta Hidayah.  Alhamdulillah.

  1. Menjadi Host Blogtour


Pernah dengan istilah host blogtour? Yup istilah ini berhubungan dengan ajang promosi  buku-buku terbaru yang disponsori  penulis  dan atau dari salah satu penerbit. Biasanya baik penulis atau penerbit akan menggandeng para blogger untuk bekerja sama untuk promosi buku baru mereka—dengan cara me-review & mengadakan giveaway.
Alhamdulillah selama menjadi narablog, beberapa kali saya terpilih menjadi host blogtour. Dan menurut saya ini sesuatu yang sangat menyenangkan. Dengan menjadi host blogtour, secara tidak langsung saya bisa menaikan trafic pembaca yang melihat halaman blog saya dan menambah jumlah folowers.    Di sisi lain saya juga mendapat kiriman buku gratis  dan bisa  mengenal lebih dekat dengan para penulis.

  1. Menjadi Pemenang dalam Lomba Resensi


Sebagaimana kita ketahui, beberapa penerbit sering melakukan lomba resensi buku.  Dan salah satu syarat yang sering dicantumkan adalah resensi harus diposting di blog. Dan bagi saya sebagai penikmat buku dan juga memiliki blog, tentu saja tidak melewatkan kesempatan itu. Apalagi dengan tawaran hadiah yang cukup menggiurkan, bagi seorang pecinta buku macam saya.

Di antara lomba yang pernah saya ikut :


Dari sekian lomba tersebut, alhamdulillah ada beberapa lomba resensi yang berhasil saya menangkan. Dan karena kemenangan itu, koleksi buku saya akhirnya bertambah bahkan berakhir bisa liburan juga. J

  1. Menjadi Pemenang dalam Lomba Blog
Selain sering mengikut lomba resensi buku, saya kadang suka mengikuti lomba blog dengan berbagai macam tema. Dari berbagai lomba yang saya ikuti, lagi-lagi saya harus bersyukur, karena ternyata tulisan saya bisa terpilih sebagai pemenang. Tentu saja hal itu semakin memacu semangat saya untuk terus menulis.

  1. Dapat Tawaran Baca Bareng dari  Penulis


Karena sering  menulis di blog, saya berkesempatan diajak kerjasama oleh beberapa penulis untuk promosi buku terbaru mereka.  Untuk cara kerjanya memang tidak seratus persen di blog. Karena awalnya saya harus promosi via twitter yang kemudian di lanjutkan di blog untuk sharing review lebih lengkap dan mengenal penulis lebih jauh. Namun tawaran ini malah membuat saya semakin mengenal penulis dan mengetahui tips dan trik menarik agar menjadi penulis yang produktif. Dan ini sangat membantu saya yang juga menyukai dunia literasi.

            Yup, inilah enam hal yang membuat saya  selalu senang dan tidak bosan ketika menjadi blogger. Apalagi di satu titik dengan kebiasaan saya yang mengepos tulisan—yang sedikit banyak adalah resensi, cerpen atau artikel—bisa menjadi jembatan untuk menyebarkan virus membaca dan menulis.

             Harapan di tahun 2019
           
Di tahun ini  saya berharap bisa menerbitkan lebih banyak buku anak.  Saya juga berharap tahun ini, saya  tetap konsisten dan produktif untuk menulis—baik di  koran, menulis buku juga menulis di blog, karena dengan menulis setidaknya saya bisa berbagi ilmu meskipun sedikit.

            “Berbagilah kebaikan meski itu hanya secuil  ilmu.   Tuliskan dan sebarkan, hingga orang-orang bisa membaca dan merenungkan, mengambil hikmah yang terkandung di dalam.  Karena berbagi tak melulu tentang uang.”
~Ratnani Latifah~
Srobyong, 24 Januari 2019

8 comments:

  1. Wah sudah banyak sekali prestasi yang ditorehkan ya mbak, mulai dari koran, buku, blogtour... dan juga menang lomba blog. padahal awalnya cuma ngeblog. semoga harapan ditahun depat tercapai ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mas, saya masih harus banyak belajar lagi. Aamiin terima kasih atas doanya. 😊🙏

      Delete
  2. Hi, salam kenal mba sy tirta. Wah prestasinya keren mba. Semoga di thn 2019, prestasinya semakin baik. Aaamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali Mas. Alhamdulillah Mas, masih harus terjs belajar. Aamiin terima kasih atas doanya 🙏😊

      Delete
  3. Wow, luar biasa. Perlu dicontoh ini... Semoga nular buat saya yang masih belum apa-apa ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas, masih terus belajar. Insya Allah sampeyan juga bisa dan bahkan lebih baik.

      Delete
  4. wow mantab kak, smg tetap menginspirasi yah kak hehe :)

    ReplyDelete