Monday 1 August 2022

Juara 1 Lomba Self Improvement- Lomba Penerbit Charissa



Rezeki Allah itu kadang tidak terduga. Kejutan itu bisa datang kapan saja. 

Pertengahan bulan Juni 2022, saya melihat info lomba menulis yang diadakan Penerbitan Charissa.  Lomba itu adalah beberapa kategori; ada buku aktivitas, picture book dan Self Improvement. 


Niat awal saya ingin mengikuti ketiganya. Soalnya tantangan banget gitu. Tapi mendadak saya harus melupakan ambisi itu dan memilih salah dua saja. Mengapa? Karena kebetulan di bulan pengumuman  lomba ada beberapa naskah revisian yang harus dikerjakan. Terus ada target yang saya buat untuk menyelesaikan naskah untuk dikirim di salah satu penerbit. 

Jadi saya akhirnya memilih ikut lomba picture book dan Self Improvement. Karena memang dua bidang itu yang tengah saya tekuni. Meksipun faktanya ilmu saya belum mumpuni dan masih proses belajar di sana sini. 

Untuk picture books, alhamdulillah setelah dapat ide bisa langsung dieksekusi. Tapi untuk self improvement, saya harus memutar otak untuk mencari ide yang pas sesuatu tema. 

Jadi sebelum membuat outline saya mencoba melakukan riset kecil-kecilan. Saya mencari buku-buku terbitan Charissa untuk paham bagaimana tulisan yang disukai penerbit.  Saya sangat terbantu dengan review dari bookstagram untuk paham buku-buku yang sudah terbit. 

Setelah itu saya mencoba untuk riset pasar dengan mencari buku-buku self improvement yang seperti apa yang masih dibutuhkan? Apakah tema yang saya angkat ini sudah banyak ditulis atau belum? Apakah tema ini dibutuhkan? Jika belum ditulis apakah tema ini bisa diterima pasar? Jadi saya bolak-balik searching mencari buku pembanding. 

Setelah merasa tema yang ingin saya tulis itu menarik, saya mulai menulis outline serinci mungkin. Agar pas proses penulisannya tidak mandeg di tengah jalan. Apalagi selama proses menulis juga disambi garap revisian. 

Seminggu awal saya konsep tema dan mencari buku-buku referensi. Minggu kedua mulai tanggal 28 Juni mulai menulis naskah. Target sehari  setidaknya harus nulis 8-10 halaman. Berarti satu hari harus dapat 2 sub bab. 

Rasanya sempat khawatir. Ini bakal berhasil nggak ya? Soalnya kadang sehari dapat menutup target kadang juga jauh dari target. Tapi saya bismillah saja. Saya terus memotivasi pokoknya harus bisa. 

Kapan ada kesempatan lomba naskah nonfiksi? Biasanya lomba yang berseliweran itu kalau tidak naskah anak atau novel. Jadi ini kesempatan langka, yang sangat sayang dilewatkan. Apalagi  temanya itu lho. Sesuatu yang sangat ingin saya coba. 

Selama ini saya lebih banyak menulis naskah self-improvement dalam ramah religi motivasi. Dan saya ingin mencoba self improvement dengan tema umum. Jadi lomba ini pas banget untuk menjadi batu loncatan. 

Hari menjelang DL semakin dekat, dan tekad untuk menyelesaikan naskah pun semakin bulat. Apalagi sudah daftar via wa. Kok ya malu kalau nggak jadi kirim. Akhirnya beberapa hari sebelum DL naskah selesai dan diendapkan dulu beberapa hari.  Setelah itu bismillah saja untuk dikirim.  

Yang penting sudah berusaha secara maksimal. Sekarang tinggal kencangkan doa sambil kembali  garap revisi dan naskah lainnya. 

H-2 Penerbit Charissa mengabarkan Pengumuman akan dilakukan via zoom. Konon katanya semua peserta bakal dikasih link soon H-1. Tak tungguin kok saya nggak dapat-dapat. Akhirnya saya WA admin dan DM Penerbit Charissa. Eh ternyata saya kelupaan belum dimasukkan ke Grup peserta lomba 😆

Untung tetap diberi linknya tepat sebelum acara dimulai. Di sana di kupas tuntas tentang proses penjurian yang membuat saya sadar, bahwa menjadi pemenang itu bukan akhir dari segalanya. Karena saat kita sudah berani submit naskah itu, itulah saat kita sudah mengalahkan ketakutan kita. 

Qadarullah Allah memberikan rezeki dengan menjadikan saya sebagai juara pertama, dan berkesempatan dapat hadiah berupan uang tunai, piagam penghargaan, paket buku dan  bonus buku diterbitkan. Masya Allah, rasanya sungguh tidak terduga dan membuat saya terharu.  Semoga rezeki dan kesempatan yang telah Allah berikan dapat jadi motivasi dan suntikan untuk terus belajar dan berkarya yang lebih baik lagi. 




Dan mohon doanya,  semoga proses penerbitan buku ini dapat berjalan lancar dan dapat membawa manfaat kepada kita semua. Aamiin. 


Srobyong, 1 Agustus 2022

2 comments:

  1. Selamat Mbak Ratna, semoga bukunya bisa memberikan banyak manfaat dan perubahan untuk yang baca. Semoga penerbitannya dilancarkan ya, Mbak.

    ReplyDelete