Friday 5 February 2016

[Review] Keutamaan Memiliki Istri Shalihah


“Barangsiapa diberi istri yang shalihah, sesungguhnya ia telah diberi pertolongan (untuk) meraih separuh agamanya. Kemudian hendaklah ia bertakwa kepada Allah  dalam memelihar separuh lainnya.” (HR. Thabrani dan Hakim)

Memiliki istri shalihah sudah pasti menjadi idaman bagi para suami. Karena istri shalilah itu akan selalu menjadi penentram jiwa. Membuat hati tenang dan bahagia.  Dan harus kita ketahui, istri shalihah juga memiliki keajaiban doa untuk suami ataupun keluarga. Karena itulah untuk menjemput istri shalilah, dalam sebuah hadis diterangkan, Wanita dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung. (H.R. Bukhari dan Muslim)

Sebuah ungkapan yang sudah umum terdengar menyatakan, “bahwa dibalik kesuksesan seorang suami, itu pasti ada peran dari istri.”  Hal ini menunjukkan istri memang memiliki peran penting dalam kehidupan suami. Istri yang shalihah selalu membantu suami lewat kata-kata motivasi atau mengatur segela keperluan suami. Baik itu untuk bekerja juga dalam dakwah.

Dijelaskan bahwa keutamaan istri shalilah dalam buku ini dibahas sebanyak 14.  Antara lain; Sebaik-baik Perhiasan Dunia.  (hal. 6) Di mana istri shalihah itu selalu menginkan  kebaikan keluarga di dunia akhirat. Kriteria istri shalihah idaman para suami adalah, selalu mendekatakn diri pada Allah—taat beragama, menyenagkan bila dipandang mata, selalu meminta izin jika akan keluar rumah, memberi ketenangan dan ketentraman, tidak menyibukkan diri dengan ibaadah sunnah jika suami ada di rumah, selalu bersyukur dan qonaah, melayani keperluan suami dengan baik,  bersegera memenuhi ajaka suami untuk memenuhi hasratnya, penuh kasih sayang dan selalu memelihara diri dan menjaga harta suami. (hal. 10-13)

Keutaman lainnya adalah Istri sebagai Madrasah Bagi Buah Hati. (hal. 28)  Seorang ibu adalah sekolah pertama dan utama bagi anak-anaknya. Karena disadari atai tidak, sejak masak kehamilan seorang ibu sudah mulai mendidik anak. Seorang ibu akan selalu bersikap kasih sayang, tidak lupa untuk selalu melantunkan ayat-ayat Al-Quran agar di dengar anak. Hal itu akan membentuk sifat baik bagi anak. berbeda jika ketika seorang ibu hamil dan merasa gelisah, atau marah, maka hal itu juga memberi dampak buruk pada anak.  dijelaskan dalam sebuah hadis, “Seorang wanita menjadi pemimpin atas rumah, anak suaminya dan dia bertanggung jawab atas mereka.” (hal. 30)

 Dijelaskan pula bahwa jika seorang ibu laksana tanah yang akan menumbuhkan tanamana. Jika tanah itu baik, banyak unsur haranya dan subur, maka tanaman itu akan tumbuh subur dan berbuah. Dan sebaliknya jika tanah itu tandus, maka tumbuhan itu akan mati.  

Selain membahas tentang keutamaan istri shalilah, ada juga bahasan tentang Kisah-kisah istri yang berhasil menyukseskan suami.  Misalnya Kisah Ketaatan Siti Hajar (hal. 70), Kesetiaan dan Ketabahan Khadijah (hal. 74), Keikhlasan Fatimah Az-Zahra. (hal. 78) dan masih banyak lagi. Dari kisah-kisah yang dipaparakan itu, kita bisa meneladai keshalihan para istri tersebut.

Lalu tentang  keajaiban doa istri shalilah. Bahwa sejatinya, kita tidak-lah boleh menyepelekan doa. Imam Syafi’i r.a berkata, “Apakah engkau mengejek doa dan menyepelekannya? Tidakkah engkau tahu apa yang bisa perbuat oleh doa?” (hal. 116)

Kesusksesan yang kita raih itu semata-mata bukan usaha sendiri. Boleh jadi kesuksesan itu ada berkat doa yang dipanjatkan kepada Allah swt. Banyak contoh kesuksesan yang diperoleh melalui doa, seperti kisah Nabi Ayyub ketika beliau di beri ujian yang termata berat, tanpa mengenal lelah beliau terus berdoa sehingga akhirnya cobaan itu dihapus Allah dengan menambah nikmat yang lebih banyak.

Doa itu memiliki kekuatan yang dahsyat. (hal. 142) benar kiranya jika doa adalah senjata yang ampuh bagi seorang muslim. Kedahsyatan doa hingga dapat menghilangkan kemustahilan dalam kehidupan. Contoh saja, Imam Bukhari sejak kecil mengalami kebutaan. Kondisi ini membuat ibunya bersedih. Tapi sang ibu tidak pernah boan berdoa meminta kemurahan hati Allah untuk menyembuhkan putranya, dan dengan kesungguhannya itu doa sang ibu terkabul. Sungguh ajaib doa dari istri dan ibu yang shalihah.  Selain itu semua yang sudah dipaparkan, ada pula kumpulan doa istri untuk suami dan keluarga yang bisa dibaca langsung dalam buku ini.

Buku ini dipaparkan dengan gaya bahasa yang renyah dan mudah dipahami. Memuat banyak pesan inspiratif, mengajak pada kebaikan untuk menjadi istri shalihah, mengetahi keutaman seorang istri shalihah, sehingga bisa mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah. Hanya saja kadang beberapa pembahasan memang sering diulang-ulang. Tapi lepas dari itu, buku ini recomended untuk dibaca.

Spesifikasi Buku

Judul               : Keajaiban Doa Istri Shalihah
Penulis             : Evi Susanti
Penyunting      : A. Akmal Falah
Proof Reader   : Ayyub el-Faruq
Penerbit           : Citra Media Pustaka
Cetakan           : Pertama, Desember 2015
Halaman          : x + 204 halaman
ISBN               : 978-602-8508-20-9

6 comments:

  1. “bahwa dibalik kesuksesan seorang suami, itu pasti ada peran dari istri.”

    benar seklai mbak.. rcomended sekali ini untuk dibaca ya mbak.
    suka deh sama reviewnya mbk Ratna.. hheee

    ReplyDelete
  2. Reviewnya menarik, mba. Cukup menjelaskan isi buku ini.

    ReplyDelete