Tuesday 12 April 2016

[Review] Antara Wasiat dan Cinta


Judul               : Cherish You
Penulis             : Irfa Hudaya
Penyunting      : Yunisa
Penerbit           : Orange
Cetakan           : 1, 2015
Halaman          :  x + 302
ISBN               : 978-602-7729-49-0

“Mas, aku ikhlas seandainya aku tak ada, kau bisa menikah dengan perempuan lain. Namun  satu kupinta, ia harus menerima Aqiella. Ia harus perempuan jujur dan tulus yang mau menyayangi Aqiella dan juga ibu. Adakah itu? Ada Mas ... Dia Rifka, adikku.” (hal. 86)

Kematian Aini merubah kehidupan Rifka. Gadis yang baru lulus kuliah itu harus menerima takdir yang membuatnya jengah. Bagaimana tidak? Arini itu menyuruhnya menikah dengan kakak iparnya—Mahira.  Padahal Rifka sudah memiliki orang yang sangat dicintainya—Andri. Dia juga sebenarnya masih ingin mengerja karir dan masih ingin santai menikmati masa mudanya.

Tapi bagaimana pun wasiat itu memang harus dijalankan. “Rifka, itu wasiat. Sebuah wasiat dari orang yang sudah meninggal itu harus dilakukan sepanjang itu punya nilai ibadahnya.” (ha. 87)

Lalu Rifka sendiri, mengingat tentang Aqiella—anak dari Arini yang selama ini sudah dirawatnya sesuai permintaan sang kakak sebelum meninggal dunia.  Dia juga tidak bisa kehilangan sepupunya itu jika nanti Mahira menikah dengan orang lain. Iya kalau perempuan yang menikahi Mahira menyayangi Aqiella jika tidak?  Rifka sungguh dilema.  Sampai akhirnya sebuah nasihat menyadarkannya.

“Kalau kamu nikah karena dijodohin atau kamu nggak cinta, niati semuanya karena ibadah.”  (hal. 95)

Rifka akhirnya memenuhi wasiat itu. Kehidupan rumah tangga mereka pun akhirnya dimulai. Rifka diboyong ke rumah Mahira setelah sehari akad nikah dilangsungkan. Namun karena pada dasarnya keduanya belum bisa move on dari perasaan masing-masing, baik Rifka maupun Mahira memutuskan pisah ranjang. Mahira masih merasa mengkhianati Arini dan Rifka masih mencinta Andri.

Belum lagi karena memang  belum mengenal satu sama lain dengan baik, banyak kesalahpahaman di antara yang mereka yang memicu pertengkaran juga kejadian lucu. Seperti kejadian Mahira yang marah besar karena Rifka pergi tidak izin. (hal. 122) Lalu ibunnya Rifka yang tiba-tiba datang tanpa memberi tahu sehingga mereka harus repot memindahkan baju-baju Mahira ke kamar Rifka biar tidak ketahuan sang ibu kalau mereka pisah ranjang. (hal. 144)

Berjalannya waktu, baik Mahira dan Rifka mulai saling menyadari bahwa mereka saling membutuhkan dan saling tergantung.  Namun seseorang dari masa lalu mereka tiba-tiba muncul. Andri yang menawarkan cinta lagi pada Rifka. Dan Sita pacar pertama Mahira juga memiliki misi yang sama. 

Sebuah novel yang manis yang membuat meringis, mules dan tersenyum sendiri. Membaca Cherish You, maka harus siap dengan segala konsekuensi perasaan campur aduk.  Cerita dipaparkan dengan bahasa yang renyah dan asyik.  Pemakain pov bergantian dari tokoh juga menambah poin plus buat novel ini. Suka dengan pov Mahira yang terkesan sopan.

Hanya saja dalam pemakaian pov di sini masih ditemukan beberapa ketidaksinkronan. Yaitu dari aku menjadi saya atau sebaliknya (hal. 22,  40 dan 42) Masih ada juga beberapa kesalah kepenulisan, seperti sebuah kata yang harus ditulis kecil malah ditulis besar atau kurang tanda petik.

Namun lepas dari itu semua, novel ini asyik buat dinikmati.  Banyak kejutan-kejutan manis yang membuat tidak bosan ketika membaca.  Idenya juga berbeda dari kebanyakan, jadi seperti penyegaran.

Novel ini mengajarkan untuk selalu ikhlas ketika sebuah cobaan menimpa. Masalah jodoh dan mati itu mutlak ketentuan Tuhan. Allah sudah mempertemukan saya dengannya. Allah sudah memberikan satu pelajaran panjang untuk saya dalam menemukan  satu kebahagiaan saya. Tentunya Allah mempertemukan saya dengan Aini maupun Sita bukannya tanpa alasan. (hal. 297)


Srobyong, 12 April 2016 

2 comments:

  1. Terima kasih Mbak, suka deh kalau novelku di review. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak, terima kasih sudah mampir dan semoga berkenan dengan review ini ^_^

      Delete