Saturday 29 April 2017

[Quotes] Kata-Kata Bijak R.A Kartini


Bermula dari sebuah lomba quotes yang diadakan penerbit Noura Books, saya mengumpulkan kata-kata bijak yang pernah diungkapkan oleh R.A Kartini. 


Tentu kita sudah mengenal sosok ini. R. A Kartini  wanita yang lahir di Jepara, 21 April 1879 adalah salah satu pahlawan  nasional di Indonesia. Dia dikenal sebagai  pelopor kebangkitan perempuan pribumi. 


Nah, berikut beberapa kata-kata bijak yang menurut saya sangat menginspirasi dan bisa dijadikan renungan serta muhasabah diri. 

"Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai." ~R.A. Kartini~


"Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu." (R.A. Kartini)


"Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selagi engkau masih dapat bermimpi." ~R.A.Kartini~



"Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang." R.A. Kartini 


"Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri." (R.A. Kartini) 


Dengan menolong diri sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna. 
~R.A. Kartini~


Agama memang menjauhkan kita dari dosa, tapi berapa banyak dosa yang kita lakukan atas nama agama? 
R.A. Kartini 


Tahukah engakau semboyanku? "Aku mau!" 2 patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata "Aku tidak dapat!" melenyapkan rasa berani. Kalimat "Aku mau!" membuat kita mudah mendaki puncak gunung. 
R.A. Kartini 


Jangan mengeluhkan hal – hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang. R.A Kartini


Tiada awan di langit yang tetap sama selamanya. Tiada mungkin akan terang terus-menerus cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Hidup manusia serupa alam. 
R.A. Kartini. 



Bagi saya hanya ada dua macam keningratan : keningratan pikiran dan keningratan budi. 
R.A. Kartini 


Habis gelap terbitlah terang 
~R.A Kartini~

Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia.
R.A. Kartini
 

Cobaan adalah usaha untuk mendidik
 ~R.A Kartini~

No comments:

Post a Comment