Wednesday 3 October 2018

[Resensi] Menjual untuk Menghasilkan Banyak Rupiah

Dimuat di Harian Singgalang. Minggu 23 September 2018 


Judul               : Selling Easily and Smartly
Penulis             : Hingdranata Nikolay
Penerbit           : Gramedia
Terbit               : Mei 2018
Tebal               : 380 halaman
ISBN               : 978-602-03-0560-8
Peresensi         : Ratnani Latifah. Alumna Univesitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara

Profesi sales  bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak peduli  tua-muda, besar-kecil, pria-wanita, lajang-berpasangan-berkeluarga, tingkat pendidikan apa pun, disiplin apa pun, suku atau agama apa pun, merasa PD atau ragu, semua memiliki kesempatan menjadi sales profesional.

Saat ini profesi sales  mulai diminati banyak orang.  Dari berbagai sumber, dinyatakan bahwa  profesi ini  memiliki banyak keuntungan. Misalnya memiliki jaringan luas,  pekerjaan yang stabil di semua zaman,  gaji yang berlipat ganda,  dan adanya kebebasan saat bekerja, karena tidak selalu berada di kantor. Hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan baik di Indonesia  juga di  negara lain yang membuka lowongan pekerjaan sebagai sales profesional.

Buku  ini dengan paparan sederhana dan tampilan buku yang menarik, akan mengajak kita memahami tentang konsep yang baik ketika kita ingin menjadi sales profesional.  Kita bisa belajar tentang bagaimana  cara menjual dengan mudah dan  cerdas, sehingga kita bisa menghasilkan banyak uang serta memperoleh keuntungan.

Menjual adalah skill yang bisa dipelajari dan dikuasi. Owen Fitzpatrick,  Licensed Master Trainer of NLP berpendapat, “Menjual adalah mengenai kepercayaan diri dan daya pengaruh. Menjual adalah mengenai memiliki sikap yang tepat dan didukung oleh skill yang tepat. Menjual bukan hanya tentang membaca kalimat-kalimat sales hebat, melainkan menjadi seorang pembicara yang hebat. Menjual bukan saja mengenai fakta dan angka, melainkan mengenai memahami emosi dan perasaan yang terlibat di dalamnya.” (hal xxi). 

Berikut adalah tips yang dipaparkan penulis, agar pembaca bisa menjual dengan mudah dan cerdas.  Di mana langkah awal yang perlu kita lakukan adalah menentukan identitas diri dan memantapkan komitmen. Artinya kita mengakui dan menikmati pekerjaan tersebut.  Dengan mengakui bahwa kita adalah seorang sales, maka hal itu bisa membangun semangat kita, sehingga bisa menjual dengan maksimal dan konsisten.  Sebaliknya jika sejak awal kita tidak mengakui profesi sebagai sales, maka hal itu bisa membuat kita tidak semangat selama bekerja. Dampaknya kita pun kesulitan dalam menjual produk yang kita bawa.

Kemudian kita harus percaya diri sebagai penjual.  Dengan memiliki kepercayaan yang tinggi, akan membantu kita dalam menjaga komunikasi dengan banyak pihak. Kemahiran berkomunikasi akan sangat membantu dalam menjaring pembeli. Agar bisa membangun dan menjaga PD, Ada tiga elemen penting yang sangat memengaruhi kepercayaan diri (PD) seorang sales profesional atau profesi apa pun, yakni yang di dunia NPL (Non Performing Loan) disebut V-A-K : Visual, Auditory, Kinesthic.

Selanjutnya adalah kita harus memahami dengan benar produk atau jasa yang akan diperjual belikan. Karena ternyata keyakinan  bisa menjual, merasa diri sebagai penjual dan positif thinking saja tidak cukup (hal 67). Banyak kekeliruan yang dilakukan para sales, ketika ingin memasarkan produknya. Di mana para sales hanya sekadar membaca dan menghafal spesifikasi produk dari daftar katalog. Padahal sebagai sales kita perlu mengetahui lebih luas tentang produk itu sendiri. Dimulai dari spesifikasi, cara pembuatan, sejarah dan manfaat dari tiap feature atau andalan, sampai produk atau jasa kompetitor.

Sebagai seorang sales kita juga harus mengetahui tentang skill teknik penjualan.  Selalu update diri dengan konsep, teknik dan strategi menjual yang baru dan berbeda, akan membuat peluang produk kita terjual lebih banyak. Jika banyak produk yang terjual, maka otomatis keuntungan yang kita terima akan semakin tinggi.

Tidak kalah penting, kita juga harus pandai menjaring orang-orang baru.  Menurut pakar penjualan, network is power.  Hal itu merupakan trik dunia penjualan yang sangat jitu. Jika kita menjual tanpa fokus membangun network yang luas dan kuat sama seperti membangun istana pasir.   Oleh sebab itu, salah satu pebisnis wanita yang usahanya cepat meroket dalam kurun waktu 5 tahun, selalu memberikan dua target kepada para sales profesional. Yaitu target sales dan target networking. Maksudnya, selain angka terget penjualan, dia menargetkan berapa calon pelanggan baru yang harus ditemukan para sales (hal 73).

Selain yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja masih banyak tips dan trik menarik yang bisa kita pelajari untuk memperoleh uang dengan cara mudah dan cerdas berjualan. Seperti selalu memasang target penjualan, menyiapkan produk dengan baik, memerhatikan penampilan yang bersih dan menarik, serya banyak lagi. Buku ini sangat membantu bagi siapa saja yang ingin memulai menjadi sales profesional.

Srobyong, 10 Agustus 2018 

No comments:

Post a Comment