Saturday 23 July 2016

[Resensi] Belajar Macam-Macam Vitamin dan Manfaatnya Melalui Cerita Anak


Judul               : Cerita Anak Terbaik Sepanjang Masa; Seri Aku Anak Sehat
Penulis             : Dyah Ummi Purnama
Penyunting      : Tin Zulaeha
Penerbit           : Visimandiri
Cetakan           : Pertama, Desember 2015
Halaman          : 112 halaman
ISBN               : 978-602-317-174-6
Peresensi         : Ratnani Latifah, penikmat buku dan literasi alumni Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Mengenalkan macam-macam vitamin dan manfaatnya pada anak sejak dini itu sangat penting. Karena dengan begitu secara tidak langsung, orangtua sudah mulai mengajarkan anak untuk hidup sehat. Mengingat jika dalam tubuh tidak memiliki vitamin, maka hal itu bisa mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit. 

Namun yang jadi masalah adalah bagaimana cara mengenalkan anak tentang macam-macam vitamin dan manfaatnya untuk tubuh pada anak dengan cara menyenangkan dan seru? Buku ‘Seri Aku Anak Sehat’ akan sangat cocok untuk dijadikan rujukan dalam mengenalkan anak tentang berbagai macam vitamin dan kegunaannya. Karena dalam buku ini, selain itu akan ada tujuh cerita seru yang menggiring anak belajar dengan nyaman, akan dibahas dengan tuntas juga tentang makanan apa yang baiknya  dikonsumsi anak  dengan kandungan vitamin yang ada.

Buku ini dipaparkan dengan gaya bahasa yang renyah, sehingga mudah dipahami anak. Buku ini juga dilengkapi ilustrasi yang cantik yang menambah semangat anak membaca juga berbonus kartu  kuartet. Diharapkan dengan adanya buku ini bisa menambah pengetahuan anak dan orangtua agar bisa mengajak untuk hidup dengan cara yang sehat dan bergizi.

Sebut saja cerita berjudul “Rabun Ayam Karena Suka Mata Ayam?” (hal. 7) Dari kisah ini penulis mencoba mengulas tentang pentingnya mengkonsumsi vitamin A. Bahwa vitamin A memiliki fungsi untuk meningkatkan penglihatan dan ketajaman mata.  Fungsi lainnya adalah membentuk jaringan tubuh, memelihara kesehatan kulit dan rambut, serta melindungi jantung.  Vitamin A juga sumber aktioksidan untuk mencegah penyakit kanker. (hal. 20). Kekurangan vitamin A akan mengalami gangguan Xerosis Conjuntiva, Rabun Ayam, Bitot’s Spot (Bercak Bitot), Xerosis Cornea dan Corneal Ulceration. (hal. 22-23)

Lalu cerita berjudul “Beri-Beri Tidak Sama dengan Biri-Biri” (hal. 26) Kali ini penulis mencoba mengulas vitamin B1 atau thiamine yang merupakan salah satu bagian kelompok vitamin B yang ada beberapa jenis. Fungsi dari vitamin B1 berperan dalam metabolisme karbohidrat, berperan dalam jaringan napas, serta memperkuat otot, jantung dan saraf. (hal. 38)Gejala klinik kekuangan thiamine—vitamin B1 menyangkut sistem saraf dan jantung, yang dalam keadaan berat dinamakan beri-beri. Beri-beri sendiri ada dua. Yaitu, beri-beri basah dan beri-beri kering.

Dikenalkan juga tentang vitamin  C melalui kisah berjudul “Ketika Awan Sakit Sariawan” (hal. 59) 
Fungsi vitamin C adalah sebagai antioksidan. Selain itu vitamin C juga membantu dalam penyembuhan luka, pembentukan sel-sel darah merah dan mencegak infeksi. (hal. 68) Dan akibat kekuarangan vitamin C adalah dapat menyebabkan sariawan dan gusi mudah berdarah. Pada tingkat berat, dapat timbul penyakit scurvy yang ditandai dengan kerusakan pada gigi dan gusi, badan lemah, nyeri pada tungkai dan persendian, mudah terkenal infeksi serta timbulnya bercak-bercak perdarahan. (hal. 69)

Lalu  vitamin K melalu cerita “Awas, Ada Sungai Darah!” (hal. 98) Fungsi vitamin K adalah berperan dalam pembekuan darah dan mencegah terjadinya pendarahan yang berlanjut jika terjadi luka. Selain itu, vitamin K juga berperan dalam meningkatkan mineral-mineral yang diperlukan dalam pembentukan tulang. (hal. 104) Jika kurangan vitamin K akan menyebabkan memar, darah tidak dapat menggumpal sehingga menyebabkan pendarahan yang terus-menerus bisa terjadi luka.

Selain itu, tentu saja masih ada tiga  cerita seru lain yang pengenalan vitamin yang harus diketahui anak. Dalam setiap pembahasan penulis yang merupakan seorang ahli gizi tidak lupa mencantumkan apa saja sumber-sumber vitamin yang bisa dikonsumsi anak juga sebuah resep masakan  yang kaya akan vitamin. Jadi selain sangat berguna untuk anak buku ini pun baik dibaca orangtua sebagai pemandu anak dalam belajar masalah vitamin dan hidup sehat.

Srobyong, 4 Juli 2016 

Dimuat di Koran Singgalang, Minggu 17 Juli 2016


No comments:

Post a Comment