Thursday 5 July 2018

[Resensi] Pentingnya Melakukan Inovasi Bisnis

Dimuat di Tribun Jateng, Minggu 24 Juni 2018



Judul               :  Inno Fiction
Penulis             : Alfred Boediman & Gloria Morgen
Penerbit           : Elex Media Komputindo
Cetakan           : Pertama, 2018
Tebal               : 274 halaman
ISBN               : 978-602-04-5032-2
Peresensi         : Ratnani Latifah. Alumni Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara

Inovasi merupakan sesuatu yang diperlukan untuk mengetahui kesempatan yang baik dan merancang produk pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan.  Apalagi dalam dunia bisnis yang penuh dengan tantangan dan persaingan. Jika kita ingin memiliki produk yang tetap bertahan dan disukai konsumen, maka kita tidak bisa berada pada titik yang sama, tanpa adanya perubahan. Kita perlu melakukan inovasi agar produk-produk yang kita miliki, tetap disukai dan laris di pasaran.

Melalui buku ini, kita akan diajarkan tentang pentingnya inovasi. Dengan inovasi kita akan menemukan terobosan baru, yang selain berguna bagi diri sendiri juga akan berguna bagi masyarakat luas. “Cobalah untuk memulai perubahan dengan mengembangkan kebudayaan yang ada hingga menjadi inovasi.” (hal 146).

Perlu kita catat ketika kita melakukan inovasi, berarti kita harus pandai dalam mengambil kesempatan dan memanfaatkannya dengan baik. Kita harus mengetahui tren yang ada dan mengkolaborasikan keadaan pasar dengan kondisi masa depan.  Kita harus terus mengumpulkan ide-ide menarik untuk dijadikan bahan diskusi, kemudian kita akan memilih ide yang paling cocok dan matang untuk diolah.

Tapi perlu kita catat, untuk memgerjakan inovasi, kita tidak hanya membutuhkan ide cemerlang, tapi juga kemampuan dalam mengimplementasikan ide tersebut. Ide tanpa eksekusi bukanlah apa-apa (hal 212).  Karena inovasi memerlukan proses yang konsisten dan tuntutan tingkat kompetensi tertentu, sama seperti proses-proses lainnya.

Buku Inno-Fiction, ini memberikan gambaran luas tentang inovasi bisnis yang menarik dan memotivasi. Tidak ketinggalan dalam buku ini dipaparkan juga masalah inovasi sosial dan teknologi.  Buku ini patut dibaca untuk semua kalangan. Agar ke depannya kita selalu berani berinovasi dan tidak takut merasa gagal.

Dari buku ini pula kita bisa belajar untuk menjadi pribadi yang berani mencoba dan tidak mudah menyerah. Berbagai motivasi yang penulis tulis, sungguh merasuk dan membawa aura positif bagi saya selalu pembaca.

Srobyong, 17 Mei 2018

No comments:

Post a Comment