Wednesday 12 July 2017

[Resensi] 35 Sains Ajaran Nabi Muhammad

Dimuat di Jateng Pos, Minggu 11 Juni 2017

Judul               : 35 Fakta Sains yang Diajrkan Nabi Muhammad Saw
Penulis             : Indah Hanaco
Penerbit           : Gramedia
Cetakan           : Pertama, April 2017
Tebal               : 142 halaman
ISBN               : 978-602-03-371-2
Peresensi         : Ratnani Latifah. Alumni Universitas Islam Nahdlatu Ulama, Jepara

Nabi Muhammad meski seorang ummi—tidak bisa baca dan tulis, namun tidak menutupi bahwa beliau adalah sosok yang sangat cerdas. Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam berbagai kajian ilmu yang dipaparkan beliau kepada para sahabat. Di antaranya adalah  tentang masalah sains. Dalam buku ini penulis mencoba mengungkapkan sedikitnya 35 fakta sains yang pernah diajarkan Nabi Muhammad secara gamblang dan mudah dicerna.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Nabi pernah menjelaskan, “Jika salah seorang dari kalian bangun tidur, janganlah ia memasukkan tangannya ke dalam bejana air sebelum mencucinya terlebih dahulu tiga kali. Karena ia tidak tahu ke mana saja tangannya itu bergerak saat tidur.” (hal 1). Ternyata ketika ditilik lebih lanjut anjuran Nabi ini memang sungguh benar adanya.

Mencuci tangan itu sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Karena tangan adalah media sempurna untuk transformasi bakteri, jamur, parasit dan kuman. Dari tangan bakteri bisa masuk dana berkembang biak ke seluruh tubuh, terutama di bagian mulut.  Dipaparkan bahwa setidaknya setiap kali selesai beraktivitas ada sekitar 4,5 juta koloni bakteri di tangan. oleh karena itu sangat penting  bagi kita untuk selalu mencuci tangan. karena terbutki dengan sering mencuci tangan, akan mampu mengurangi risiko terjangkit diari 45% dan risiko tertular infeksi usus besar mmenurun hingga 50% (hal 2-3).

Nabi Muhammad juga menjelaskan tentang alasan kenapa manusia dilarang memakan daging babi. Dari berbagai penelitian, terbutki bahwa babi menjadi penyebab banyak terjdinya pernyakit berbahaya. Babi adalah salah satu gudang bakteri terbesar. Di dalam usus babi terdapat cacing pita, yang mana jika cacing ini menempel pada usus dan ikut mengalir bersama dara, lalu sampai ke otak, maka itu bisa menyebabkan penyakit epilepsi atau ayan, ganggunga saraf, hingga mengakibatkan kematian. Dan disinyalir babi adalah satu-satunya hewan yang menularkan cacing pita kepada manusia (hal 42). Dan Selain apa yang dipaparkan ini, babi juga sumber penyakir seperti disentri, kanker, jantung, encok, kanker anus dan usus besar.

Tidak kalah menarik adalah tentang penjelasan yang diberikan Nabi Muhammad perihal susu. Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad, “Allah senantiasa menurukan penyakit dengan obatnya, maka minumlah oleh kalian susu sapi, karena itu (sapi) makan dari tiap pohon.” (hal 48).Dalam penelitian dibuktikan bahwa dalam susu terkandung semua nutri yang dibutuhkan manusia. Yaitu : kalsium, fosfor, protein, lemak, karbohidrta, zat besi dan vitamin. Di sisi lain susu juga berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Karena susu mengurangi keasaan mulut, mencegah gigi berlubang, serta mencegah plak.

Lalu ada juga tentang keajaiban ASI—Air Susu Ibu.  Memberikan Asi kepada bayi ini ternyata memiliki dampak yang sangat baik—baik itu bagi bayi sendiri juga bagi si ibu. Ahli medis berpendapat bahwa perempuan yang menyusi akan terhindar dari kanker payudara. Kondisi rahim ibu akan segera kembali ke ukuran semula dan hubungan bayi dan ibu akan kian dekat berkat proses menyusui.

Lalu apa yang sebenarnya terkandung dalam ASI? Dijelaskan ASI mengandung protein yang mudah dicerna oleh bayi saat baru lahir. Juga ada kolostrum yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu ASI pun mengandung lemak yang variatif yang mudah dicerna, ada juga laktos, aneka vitamin, zat besi, taurin dan banyak lagi (hal 110).  Dan dalam penelitian menunjukkan bahwa bayi yang tidaka mengkonsumsi ASI memiliki risiko menghadapi penyakit jantung di usia dewasa.

Selain apa yang sudah dipaparkan masih banyak lagi fakta sains yang dijelaskan. Seperti; Uniknya Sayap Lalat, Manfaat Cuka, Misteri Madu, Anjing dan Debu, Kajaiban Air Zamzam, Mukjizat Kurma dan banyak lagi. Buku ini selain patut dibaca anak, juga direkomendasikan dibaca bagi orang dewasa. Karena berjuta ilmu termaktub di dalamnya. Dan selain memaparkan tentang fakta sains, di sini kita juga belajar tentang pentingnya menjaga kesehatan. Kita harus tahu apa yang patut dikonsumsi dan tidak.


Srobyong,  4 Juni 2017

4 comments:

  1. Wah bukunya bagus. Berisi pengetahuan tetapi juga berdasarkan keislaman. Cocok banget buat anak2. Semoga banyak anak2 dan ortu yang tau tentang buku ini ya bun 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buku ini recomended dibaca buat anak juga orangtua. ^_^

      Delete
  2. Cakep bukunyaaaa, mau nyarik ah, makasih infonya ya mbk,
    Btw selamat yak,dikau keceeehhh mbk,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, bukunya keren. Sama-sama Mbak.

      Terima kasih juga, masih terus belajar Mbak :)

      Delete