Friday 2 June 2017

[Resensi] Mengenalkan Rukun Islam dengan Cara Menyenangkan

Dimuat di Analisa Medan, Jumat 12 Mei 2017 


Judul               : Yuk, Mengenal 5 Rukun Islam
Penulis             : Ririn Astutiningrum
Penerbit           : Mizania Kids
Cetakan           : Pertama, Maret 2017
Tebal               : 88 halaman
ISBN               : 978-602- 61064-07
Peresensi         : Ratnani Latifah. Alumni Universits Islam Nahdlatu Ulama, Jepara.

Orangtua sebagai madrasah pertama, wajib mengenalkan pendidikan agama kepada anak sejak kecil. Karena pendidikan agama itu sangat penting dan akan menjadi bekal selamanya. Menjadi panduan hidup  untuk ke depannya. Di samping itu dengan mengenalkan pendidikan agama, maka seorang anak akan mengetahui tentang keutamaan berbuat baik dan meninggalkan perbuatan tercela. Karena mereka tahu Allah selalu mengawasi hamba-hamba-Nya.

Di antara dasar pengetahuan agama yang perlu diketahui anak adalah tentang rukun Islam. Di mana dengan mengenalkan rukun Islam, berarti orangtua mengenalkan anak tentang Tuhan dan kewajiban sebagai seorang muslim atau muslimah. Namun perlu dicatat dalam mengenalkannya, orangtua juga harus jeli dalam memilih metode, sehingga anak tidak merasa bosan apalagi merasa digurui. Karena anak suka belajar dengan bebas dan menyenangkan, yang mana malah akan memberi potensi mudah menyerapnya.

Maka buku “Yuk, Mengenal 5 Rukun Islam” karya Ririn Astutiningrum ini sangat cocok dijadikan rujukan bagi orangtua  yang ingin mengenalkan tentang rukun Islam. Karena dalam buku ini penulis mengenalkan tentang rukun Islam dengan cara yang unik dan menyenangkan. Memilih pendekatan infografis. Ketika anak membaca pasti akan suka dan mudah paham. Mengingat di sini selain berupa pemaparan tentang materi, buku ini juga dilengkapi gambar yang seru.

Dalam buku ini dijelaskan bahwa rukun Islam adalah  adalah fondasi dasar kehidupan seorang muslim. Jika Islam ibarat rumah, rukun Islam adalah fondasinya. Semakin kuat fondasinya, semakin kuat rumah itu berdiri. Dan jika Islam seumpama sebatang pohon, rukun Islam adalah akar-akarnya. Semakin kuat akar pohon, pohon itu tak mudah tumbang (hal 10).

Lalu dipaparkan juga tentang keutamaan kalimat tauhid bagi umat Islam. Yaitu melindungi dari api, kunci dari delapan surga, merupakan zikir yang utama, dan pelindung dari godaan setan.  Selanjutnya dijelaskan juga tentang syarat-syarat syahadat baik syahadat tauhid juga syahadat rasul.  Tidak ketinggalan dijelaskan juga apa yang membatalkan syahadat dan kapan syahadat itu harus diucapkan (hal 20).

Kemudian rukun Islam ketiga yaitu shalat. Sebagaimana diketahui, salat adalah ibadah yang paling penting. Ibadah ini adalah tiang dari agamanya. Jadi sangat patut dikenalkan dan diajarkan pada anak. Dalam buku dengan sangat detail penulis menjelaskan cara beribadah. Dimulai dari syarat salat hingga gerakan shalat. Tidak ketinggalan adalah apa saja yang membatalkan shalat.

Dan yang lebih menarik adalah penulis juga menghadirkan kisah-kisah teladan yang menginspirasi juga tambahan pengetahuan baru tentang fadilah gerakan shalat, keajaiban waktu shalat dan banyak lagi.

Buku ini sangat baik dikenalkan pada anak. Namun tidak menutup kemungkinan buku ini juga bisa dibaca orang dewasa. Karena selain untuk menambah pengetahuan juga bisa dijadikan renungan untuk menilai sudahkan kita menjalankan semua rukun Islam tersebut dengan baik dan benar.

Srobyong, 8 Mei 2017 

2 comments: