Saturday 7 March 2015

Review Teru-Teru Bozu





Judul Buku :Teru-Teru Bozu
Penulis : Rafandha, dkk
Penerbit :Diva Press
Tahun Terbit : 2013
ISBN : 978-602-793-343-9

Sinposis

Aku melihat gadis itu pada hari berikutnya. Aku lantas mendekat, membantunya mengaitkan boneka teru-teru bozu itu ke pohon. “Tsuyu baru saja berakhir dua minggu lalu di Tokyo. Dan, aku pikir hujan akan turun?”

Ia meliriku sekilas. “Apa salahnya berharap?” ia berkata santai.

“Memang sih. Tapi, harapan kadang membuatmu buta. Tidak berpikir realistis,” sanggahku.

Tidak ada yang keluar dari bibir mungilnya.

“Buat apa melakukan ini?” aku bertanya sambil mengernyitkan dahi. “Kau bilang tidak suka hujan, mengapa kau malah ingin hujan turun?”

Ia menengadah kepalanya ke atas. Seperti memikirkan sesuatu. “Karena ... karena hanya setelah hujan aku bisa bahagia,” ujarnya pelan.

Aku melihat matanya berkaca-kaca . seperti akan ada air yang jatuh dari sudut matanya.

“Maksudmu?”

“Aku harus pergi.” Ia bangkit dari tempatnya duduk, lalu langsung pergi.

Lagi-lagi, aku berujar dalam hati, apa yang membuatnya demikian?

Ulasan

Kumpulan cerpen yang terdiri 19 cerpen yang menyuguhkan romatisme cinta ala Jepang. Pun dengan lokasi yang berada di Jepang. Berasa jalan-jalan menikmati indahnya negeri sakura itu.

Ceritanya manis dan membuat meringis. Serasa baca manga yang ditulis dalam kata tinggal menambah gambar untuk visualisasinya.

1/ Salah satu cerpennya ‘Teru-Teru Bozu’ menjadi sinopsis pertama untuk buku ini. Cerita cewek yang tak suka hujan tapi menunggu hujan. Kenapa?

2/ Atau ‘Take Farth in Hokkaido Daigaku’ tentang Omamori—jimat keberuntungan yang katanya ampuh, tapi ....

3/ ‘Emergency Love’ cerpen yang romantis . pokonya semua sangat romatis membuat larut dalam cerita yang ada.

4/ Yuki No Tatsu cerpen yang bikin gemes dan ingin ikut buka suara kalau dia itu ... ah pokoknya pengen teriak segera. Suka gaya berceritanya.

Dan masih banyak lagi yang seru dan keren yang tak bisa aku ulas satu-satu aada cepen ‘Saat Hujan’ atau ‘Memories of Tanabata’. Semuanya keren dan penuh makna. Romatis tentu saja.

Penutup.

Yang suka jepang dan suka cerpen romantis kudu punya buat nambah koleksi. Hatimu kan berbunga-bunga layaknya sakura ketika membaca, atau bisa meredup seperti lampu kota ketika terkena petir bisa jadi malah mati seketika.

No comments:

Post a Comment