Tuesday 19 February 2019

[Traveling] Pesona Goa Tritip, Wisata Alam Memesona



[Dokumen pribadi]


Dialah alam, yang sahabat setia yang selalu ada,
meski kadang kita bertindak semena-mena.
Maka, mulailah untuk menghargai, rawatlah dengan sepenuh hati
~Ratnani Latifah~

            Jepara tidak hanya kaya akan pesona wisata pantai. Wisata alam pun banyak tersebar di berbagai wilayah Jepara. Misalnya Wisata Seribu Akar, Telaga Sejuta Akar, Udara Yoga, Sreni Indah, Wisata Tempur dan banyak lagi.

            Tidak ketinggalan ada pula wisata Goa Tritip yang memiliki pesona alam yang tidak kalah indah dari  wisata lainnya. Tertelak di di desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, wisata ini juga menawarkan pesona alam yang indah.  Kalau ingin mengunjungi wisata ini, untuk akses jalannya cukup mudah. Karena masih berada di kompleks wisata Benteng Portugis. Tiket masuknya pun cukup murah. Per kepala hanya membayar Rp 5000,00.

            Kalau menurut sejarah, Goa Tritip ini awalnya tempat bertapa Mbah Joyo Kusumo. Dulu jika kita menyambangi tempat ini, kita bisa melihat sebuah perahu—yang konon dijadikan tempat bertapa Mbah Joyo Kusumo. Namun sekarang ini perahu itu sudah tidak ada karena dirusak oleh tangan-tangan jahil yang pernah ke sana.  Ketika kita berkunjung di wisata ini, kita akan disambut dengan pemandangan hijau pohon dan pegunungan yang indah. Dan bagi yang suka foto banyak banget spot-spot menarik yang bisa kita pilih.

            Keindahan alam itulah yang setidaknya membuat saya ingin menyambangi wisata Goa Tritip.  Apalagi setelah melihat foto-foto apik yang diposting di IG dengan tagar #GoaTritip yang menunjukkan pesona wisata tersebut.

            Maka setelah sempat tertunda-tunda, tanggal 20 Januari 2019, saya berkesempatan untuk melancong ke sana. Dan alhamdulillah hari itu perjalanan sangat lancar dan tanpa terhalau hujan, yang saat ini memang terus mengguyur di wilayah Jepara hampir setiap hari.

            Meski untuk menempuhnya saya harus tahan, karena lokasinya cukup jauh dari rumah saya. Yah, setidaknya untuk sampai di sana saya membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam-an. Lupa hehhe.  Namun kepayahan itu terbayar ketika sudah sampai di lokasi tujuan.

            Yah, pemandangan yang disuguhkan di sana memang sangat memesona. Apalagi ketika kita sudah sampai di puncak—jadi kalau boleh jujur, saya tidak menyangkan kalau bertandang ke Goa Tritip ini laiknya melakukan pendakian.  Jadi kalau kalian barang kali setelah membaca ini juga pengen bertandang ke sana, persiapkan bekal yang cukup agar tidak ngos-ngosan ketika ke sana. J


            Oke kembali pada panorama wisata Goa Tritip, pertama-tama kita akan disambut suasana pegunungan yang menyejukkan. Di bagian paling bawah kita bisa menyapukan mata melihat pohon-pohon hijau nan tinggi. Kemudian setelah berjalan lebih jauh kita bisa menikmati pesona napak tilas Goa Tritip dan perahu. Setelah itu ada pula spot macam gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk rehat sejenak.

[Dokumen pribadi] 



            Lebih jauh lagi nanti kita bisa bertemu dengan sebuah batu besar yang sering digunakan para wisatawan buat berselfie ria. Di sana kita sudah bisa menikmati pesona alam yang luar biasanya, lho. Tidak lama dari lokasi itu, maka puncak dari perjalanan sudah terlihat. Yah ... selaiknya yang sedang in saat ini di sana banyak sekali disediakan tempat gardu pandang yang apik dan menarik. Tinggal pilih yang kita sukai saja.  Dari atas sana kita bisa menikmati keindahan pantai yang membentang dari Pacitan Gua Manik—Bentang Portugis dan juga Pulau Mandalika. Asli adem banget.

[Dokumen pribadi] 


            Nah yang lupa tidak bawa bekal, di sana ada warung yang menyediakan jajan dan juga minuman. So, jangan sedih kalau lupa. Hheeh.

[Dokumen pribadi] 

            Setelah puas melepas dahaga di Goa tritip, maka saya tidak melewatkan untuk kembali menyambangi Benteng Portugis—meski sudah beberapa kali ke sana. Hheh. Eh... ternyata di sana sudah banyak sekali perubahan yang membuat wisata tersebut makin apik dan menarik. jadi nggak menyesal deh buat mampir. Spot-spotnya juga makin banyak untuk dipilih.

[Dokumen pribadi] 

Begitu pula ketika saya mampir ke Gua Manik Pecatu Prak, di sana juga sedikit banyak sudah dirombak dengan menghadirkan banyak sekali spot menarik yang pastinya untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung. Untuk tikek masuknya per orang Rp5.000,00.
           
           
           
[Dokumen pribadi] 




4 comments:

  1. waduuuuh pemandangannya baguus mba. masih hijau gitu. adem kalo diliat :). aku blm prnh ke jepara. kalo dgr kotanya, lgs keinget furniture yg banyak dibuat di sana :). ga nyangka wisatanya bagus2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, di Jepara banyak e wisata menarik. Barangkali kapan-kapan bisa mampir. 😁😀

      Delete
  2. untuk akses menuju ke wisata - wisata tersebut ada kendaraan umum tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena akses lokasi cukup jauh dari jalan raya, saya lebih merekomendasikan untuk pake kendaraan pribadi atau pake travel. Kalau kendaraan umum, ada cuma agak sulit aksesnya.

      Delete