Sunday 17 June 2018

[Resensi] Nasihat Bisnis Terbaik dari Pengusaha Sukses

Dimuat di Koran Jakarta, Senin 4 Juni 2018 


Judul               : Trump : The Way to the Top
Penulis             : Donald J. Trump
Penerjemah      : Aswita R. Fitriani
Penerbit           : Bhuana Ilmu Populer
Cetakan           : Pertama,  Maret 2017
Tebal               : 302  halaman
ISBN               : 978-602-394-638-9
Peresensi         : Ratnani Latifah. Alumna Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara

Membangun sebuah bisnis itu tidak mudah.  Donald J.Trump memaparkan, “Tidak peduli betapa pintarnya diri kita, tak peduli betapa komprehensif pendidikan yang kita miliki, tidak peduli betapa luasnya pengalaman bisnis yang sudah kita miliki, tidak ada satu cara pun memiliki semua kebijaksanaan yang kita perlukan untuk membuat bisnis maju (hal 1).

Untuk mengatasi permasalahan itu, maka Donald Trump mencoba bertanya kepada para pengusaha yang sudah sukses dalam berbisnis. Karena bagaimana pun dalam menjalankan sebuah perusahaan kecil atau besar tetap diperlukan kerja keras, kecerdasan dan ketekunan yang sama atau bahkan lebih besar  dari seorang CEO perusahaan yang memiliki banyak pegawai yang melayaninya.

Buku ini dengan bahasa yang sederhana, mudah dipahami dan lugas, akan menghadirkan nasihat-nasihat bijak  dari 150 pengusaha sukses. Di mana dari buku ini diharapkan dapat membantu siapa saja yang tertarik dalam masalah bisnis.  Melalui buku ini kita disadarkan bahwa untuk menjadi orang yang sukses, kita perlu belajar dari orang lain di sekitar kita. Kita bisa belajar dari kesalahan yang mereka mereka lakukan, dengan tidak meniru kesalahan yang sama.

Diane N. Bark adalah Presiden DHB Financial Services, Inc. Dulu dalam berbisnis Diane harus memulai dari hal yang sulit. Dan dia melakukannya tanpa adanya bantuan atau nasihat bisnis. Hingga akhirnya kadang dia sering melakukan kesalahan. Namun dari kesalahan itu dia bisa mengambil pelajaran, hingga akhirnya dia berhasil menjadi pembisnis sukses.

 Di mana dalam berbisnis, dia menyarankan kepada kita untuk selalu mengikut kata hati. “Berikan gairah di dalam pekerjaan yang kita miliki karena itu akan membuat hidup kita jauh lebih menyenangkan dalam jangka panjang. Jangan melakukan sesuatu hanya karena itu akan menghasilkan banyak uang. Yang terpenting, dengarkan kata hati dan pikiran kita, maka keduanya akan menuntun kita pada arah yang benar.” (hal 9).

Napoleon Barragan adalah Chairman dan CEO 1 –800 –Mattress.  Dia telah menjadi pedagang menjual kasur selama lebih dari 20 tahun. Demi kemajuan bisnisnya, dia terus berusaha mendapatkan merek-merek berkualitas dan bernilai terbaik, serta kontruksi yang paling inovatif, untuk memastikan bahwa dia telah menawarkan yang terbaik bagi konsumen. Namun suatu hari, ketika dia memperkerjakan vice president of merchandising, dia mendapat nasihat bisnis yang luar biasa. Bahwa dalam melakukan bisnis, selain butuh ketekunan dalam kerja keras, kita juga butuh adanya kejujuran dan kepercayaan.

Barbara G. Berger, Presiden Food City Markets, Inc, menjelakan, bahwa dalam berbinis kita harus siap jatuh bangung. Karena dalam berbisnis, tidak mungkin kita langsung meraih kesuksesan. Ada masa di mana kita memperoleh kegagalan. Dan ketika masa itu tiba, kita harus siap menerimanya dan bangkit lagi untuk terus mengembangkan bisnis yang kita tekuni.

Simon Bergson, Pendiri, Presiden dan CEO Manhattan Beer Distribution, memberi nasihat penting bagi siapa saja yang ingin sukses dalam berbisnis. Yaitu dalam berbinis kita memerlukan semangat yang tinggi dan mau bekerja keras. Karena kerja keras akan menuntun kita pada jalan kesuksesan.
Cathie Black, Presiden Hearts Magazine, menjelaskan bahwa dalam memulai berbisnis, kita harus menjadi diri sendiri setiap waktu (hal 25). Karena dengan menjadi diri sendiri, kita bisa menjadi pribadi yang berani melangkah, dan tidak takut dengan pendapat orang lain. Yang terpenting bagi kita adalah memulai, mau mengerjakan, terus membangun mitra dan membangun komunikasi yang baik dengan banyak orang.

Dan Gregory D. Cash, Presiden dan CEO di Vasomedical, Ins, memberi nasihat tentang pentingnya menjalin komukasi. Karena komunikasi, akan mempermudah data barang yang akan dibeli dan lain sebagainya. Sedang Robert B Catell, chairman dan CEO KeySpan Corporation, memberikan nasihat singkat tentang anjuran memberikan yang terbaik bagi pekerjaan dan kolega yang dimiliki. “Bekerja keraslah dan lakukan segala sesuatu sebaik mungkin, tidak peduli pekerjaan apa yang diberikan kepada ktia. Jangan terperangkap di dalam kancah politik, dari suatu perusahaan dan perlakukan semua individu sebagaimana apa yang kita ingin diperlakukan.” (hal 38).

Selain beberapa nasihat tersebut, tentu saja masih banyak nasihat lain yang sangat memotivasi dan menginspirasi. Melalui buku ini Donald J. Trump mengajak kita mengambil berbagai kebijaksanaan dari para pengusaha sukses yang bisa kita teladani.

Srobyong, 2 Juni 2018

1 comment:


  1. Thanks infonya. Oiya, saya juga nemu artikel keren nih yang ngebahas tentang sederet nasihat karier dan keuangan dari sosok ayah yang luar biasa. Simak di sini ya: Wah, nasihat dari sosok ayah ini bisa bikin kamu sukses, simak baik-baik!

    ReplyDelete