Thursday 9 March 2017

[Resensi] Tips Agar Rezeki Lancar dan Barokah

Dimuat di Jateng Pos, Minggu 19 Februari 2017 

Judul               :  Rahasia Suami dan  Istri Pembawa Rezeki
Penulis             : Agoes Noer Che
Penerbit           : Mizania
Cetakan           : Pertama, November 2016
Tebal               : 160 hlm
ISBN               : 978-602-418-128-4
Peresensi         : Ratnani Latifah. Alumni Universitas Islam Nahdlatul Ulama. Jepara.


Setiap orang sudah pasti ingin memiliki rezeki yang lancar dan berkah. Apalagi jika sudah berkeluarga—di mana kebutuhan semakin meningkat setiap harinya.  Menilik dari fenomena tersebut, penulis mencoba menguraikannya dalam buku yang setebal 160 halaman ini.  Memaparkan perihal janji Allah yang akan memudahkan rezeki bagi orang-orang yang sudah menyempurnakan sunnah Nabi saw. Hanya saja pantaskah  pasangan suamai istri itu mendapat rezeki tersebut jika tidak dibekali dengan  akhlakul kharimah?

Di sini  penulis memaparkan rahasia karakter suami dan istri pembawa rezeki sekaligus rahasia-rahasia rezeki Allah bagi orang-orang yang sudah menikah. Apa saja karakter suami-istri yang harus dilakukan dan alasan apa kenapa kadang rezeki sulit sekali datang.

Di mana dipaparkan bahwa rahasia agar rezeki lancar dan barakah adalah seorang suami dan istri  itu harus  taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Karena ketaatan   akan membawa pada keridhaan dan keridhaan akan membawa pada kemurahan, cinta dan kasih sayang Allah (halaman 14). 

Dan Allah menjanjikan tiga hal bagi suami-istri yang taat pada Allah. Pertama, Allah memudahkan dan memberinya jalan keluar dari masalah-masalah yang menimpanya, terutama masalah ekonomi dalam  dalam rumah tangganya. Kedua, Allah memberikan rezeki yang tidak disangka-sangka. Dan ketiga mencukupkan keperluannya (halaman 18).

Kriteria lainnya adalah seorang suami harus  menjalankan kewajibannya kepada istri dengan baik. Yang dimaksud kewajiban itu adalah memberi nafkah. Dan pastinya dalam memenuhi nafkah itu dilakukan dengan cara yang benar. Inilah yang akan membuat rezeki tersebut barakah—membawa manfaat dan kebahagiaan.  Selain suami yang harus memenuhi kewajiban, seorang istri juga harus menaati suami. Karena itu juga merupakan kunci pembawa rezeki. Allah menjamin rezeki yang melimpah dengan ridha-Nya bagi para istri yang taat pada suaminya.

Jelas bahwa antara suami dan istri harus saling mendukung satu sama lain agar rezeki yang dimiliki lancar dan barakah.  Karena dalam rumah tangga keduanya memiliki peran masing-masing yang sangat mempengaruhi. Suami tidak boleh berbuat kasar pada istri dan menyepelekan tugas istri di rumah. Begitupun sebaliknya, seorang istri harus ikhlas menerima pemberian suami dan selalu menjaga kehormatan suami.  Dengan begitu kehidupan rumah tangga yang dibina akan tenteram penuh barakah.

Pada kondisi seperti itu, otomatis akan membuat suami merasa bersyukur dan bahagia, sehinga semakin rajin bekerja untuk mendapat rezeki halal demi keluarga. Dan sang istri dengan setia akan selalu mendoakan sang suami agar dimudahkan rezeki dalam pekerjaan yang dilakukan. Perlu diketahui doa adalah senjata bagi istri dalam  mendatangkan rezeki besar melebihi pekerjaan apa pun di dunia.

Kita tidak boleh meremehkan doa istri salehah untuk suaminya. Ketaatan istri kepada Allah, Rasul dan suaminya cukup untuk mengetuk pintu langit agar doa-doanya dijawab oleh Allah. “Jika istri salehah berdoa untuk kelancaran dan kemudahan rezeki, tiada halangan bagi Allah untuk tidak menjawab doa yang diucapkan dari hamba-Nya yang salehah itu.” (halaman 60).

Di sisi lain, rezeki akan sulit datang jika suami  suka bertindak kasar dan gemar membuka aib sang istri bahkan berselingkuh. Ini mendandakan bahwa suami tersebut tidaak amanah dan tidak menaati Allah. Begitu pula dengan istri yang tidak mau taat pada suami, tidak ikhlas dengan hasil keringat suami hingga menimbulkan percekcokan. Rumah tangga jadi tidak tenang dan jauh dari ketenteraman.  Begitu pula perihal rezeki yang diterima.

Kesimpulannya adalah agar rezeki lancar dan barakah baik suami atau istri harus selalu memperbaiki diri dan menanamkan dengan pasti akhlakul kharimah agar diridhai Allah.  Suami dan istri harus saling mendukung dan tidak menikung. Keharmonisan dalam hubungan suami istri akan sangat mendukung keridaan dari Allah.

Dipaparkan dengan gaya bahasa yang renyah dan mudah dipahami membuat buku ini menarik dibaca. Banyak  hal yang bisa dijadikan acuan untuk memperbaiki diri. Sebuah buku yang inspratif dan memotivasi.

Srobyong, 9 Januari 2016 

2 comments: