Tuesday 7 November 2017

[Resensi] Membangun Karakter Anak Lewat Cerita

Dimuat di Radar Mojokerto, Minggu 29 Oktober 2017 


Judul               : Topi Warna-Warni
Penulis             : Dian Kristiani
Ilustartor         : Alvin Andhi
Penerbit           : Kanisius
Cetakan           : Pertama, 2017
Tebal               : 24 halaman
ISBN               : 978-979-21-5173-2
Peresensi         : Ratnani Latifah. Alumni Universitas Islam Nahdlatu Ulama, Jepara

Pendidikan karakter adalah sebuah usaha dalam mengenalkan tentang konsep moral—di antaranya adalah tentang sikap atau pun masalah perilaku.  Mengingat pendidikan karakter itu akan sangat berguna dalam kehidupan bermasyarakat, maka pendidikan karakter seyogyanya harus dikenalkan sejak dini. Dengan pendidikan sejak dini,  nilai-nilai moral itu akan merasuk atau terpatri dalam diri anak.

Di antara nilai-nilai karakter yang  perlu diketahui adalah religius, jujur, toleransi, suka menolong, disiplin, cinta tanah air, bertanggung jawab, kreatif,  memiliki rasa ingin tahu yang besar, pemaaf dan banyak lagi.  Dan pastinya setiap orangtua pasti ingin memiliki anak yang berkarakter baik., bukan? Karena dengan memiliki karakter baik, maka dampak yang diperoleh juga akan baik.  sebagaimana kata pepatah, “Apa yang kita panen, itu sesuai dengan apa yang kita tanam” dalam artian kebaikan akan mendatangkan kebaikan pula.

Belum lagi anak merupakan aset bangsa. Merekalah yang pada akhirnya akan menjadi penerus dalam perjuangan di tanah air ini. Oleh karenaa itu pendidikan karakter itu sangat penting untuk dikenalkan anak sejak dini. Salah satu caranya adalah  melalui media bacaan.  Kita bisa membangun karakter anak lewat cerita-cerita seru yang memotivasi. Selain itu kita juga membantu anak dalam mengembangkan imajinasi. Mengingat saat ini cerita anak selalu dilengkapi dengan ilustrsi yang menarik, yang selalu mengundang minat anak.  Tidak ketinggalan dalam hal ini secara tidak langsung, kita juga mengenalkan minat baca kepada anak.

Salah satu buku yang patut dikenalkan kepada anak sebagai jembatan pendidikan anak adalah buku karya Dian Kristiani—merupakan penulis buku anak yang sudah banyak menghasilkan karya—berjudul “Topi Warna-warni”. Buku ini dikemas dengan menarik, sangat cocok dibaca anak berusia 6-9 tahun. Di mana buku ini mengisahkan tentang seekor siput yang gemar dipuji oleh teman-temannya. Namun sejak kehadiran Jerapah, tidak ada lagi yang memuji Siput. Dia merasa tersisih dan marah. Dia iri dengan Jerapah (hal 6). Kira-kira apa yang akan dilakukan Siput? Dan bagaimana tanggapan Jerapah sendiri tentang sikap Siput?

Dipaparkan dengan gaya bahasa yang pas buat anak, pastinya buku ini sangat mudah dipahami. Di sini akan dikenalkan dengan sikap peduli kepada temanya—yaitu ringan tangan atau suka menolong. Selain itu anak juga diajak untuk menjadi pribadi yang tidak sombong, selalu bersyukur dan tidak suka iri.  Sebuah buku yang patut dibaca dan mendapat aprsesiasi.

Srobyong, 22 September 2017 

No comments:

Post a Comment