Sunday 13 December 2020

Review Buku - Mengenal Kendaraan Besar dan Kuat Lewat Cerita

 

Judul : Kumpulan Cerita Kendaraan Super Kuat dan Menakjubkan 

Penulis : Tyas K.W.

Penerbit : Tiga Ananda

Cetakan : Pertama, Juni 2020 

Tebal : Viii + 104 halaman

ISBN : 978-623-206-541-3

Pernah merasa penasaran dengan kendaraan yang digunakan dalam sebuah proyek, misalnya pembuatan jalan? Apa nama kendaraan itu dan kegunaannya? Buku terbaru karya Mbak Tyas K.W menceritakan dengan cara yang unik tentang berbagai kendaraan besar dan kuat atau yang sering disebut alat berat. 

Contohnya saja kisah tower crane. Di mana keberadaannya ternyata membuat Bisy si bus merasa penasaran. Empat hari libur Bisy ternyata ketinggalan info tentang adanya Pak Towery,  tower  crane. Bisy pun ingin mengenal lebih dekat dengan  teman satu proyeknya itu. Ia heran bagaimana Pak Towery bisa bekerja dengan giat dan kuat, padahal tugasnya sangat berat. 

Ada juga kisah Mixy, truk pencampur beton. Hari itu Mixy mengerjakan tugasnya dengan baik. Tiba-tiba datang Taby menyapanya.  Mereka bercakap sebentar. Dari percakapan itu Mixy jadi tahu kalau Taby bisa istirahat.  Sebetulnya ia pun ingin istirahat dan berlibur tapitapi anya pekerjaan tidak bisa ia tinggalkan begitu saja. Apa yang akan terjadi jika ia berhenti menggiling? 

Ada  juga kisah truk tanah yang ingin melihat pasar malam. Tapi ia sedang memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan. Ia tidak bisa pergi sebelum pekerjaan itu usai.  Dummpy, Truk Tanah  berusaha mengerjakan tugasnya agar bisa cepat selesai tapi tetap saja pekerjaannya masih banyak. Saat pulang Dummy sempat mogok karena ingin melihat pasar malam. Apakah Dummy berhasil melihat pasar malam? Dan apa saja tugas Dummy di proyek pembangunan? Temukan kisah dan faktanya di buku ini. 


Kisah Hody, backhoe Yang tidak kalah seru. Hody ternyata sangat ingin membersihkan diri. Ia sudah tidak tahan dengan tubuhnya yang kotor. Karena itu ia segera menyelesaikan pekerjaannya dan bersiap pulang tepat waktu agar bisa dibersihkan. Tetapi di tengah jalan, Hody harus menghadapi macet panjang. Ada truk lowboy besar yang menghalangi jalan. Apa yang dilakukan Hody agar sampai tepat waktu?


Masih banyak kisah -kisah lain yang tidak kalah seru. Dan tidak ketinggalan berbagai fakta unik alat berat dijelaskan. 






Membaca buku ini selain dapat hiburan cerita yang seru, anak pun mendapat pengetahuan baru. Tidak ketinggalan membaca buku ini kita pun bisa belajar tentang beberapa sikap terpuji yang harus dimiliki anak. Seperti memiliki sikap rajin, mau menolong orang lain yang kesusahan, disiplin dan banyak lagi. Dengan bahasa yang mudah dipahami pasti akan suka. Apalagi dengan ilustrasi gambar yang menarik.


Mengambil tema yang tidak pasaran dan berbeda dari buku yang ada, penulis akan memberikan banyak pengetahuan yang jarang kita temukan. Seru dan menarik. Apalagi buku ini pun dilengkapi fakta unik alat berat juga aktivitas seru. Sangat pas dibaca anak. Akan lebih bagus jika ada orangtua sebagai pendamping



Srobyong, 13 Desember 2020  

No comments:

Post a Comment