Saturday 20 August 2016

[Resensi] Mengenalkan Macam- Macam Vitamin pada Anak Melalui Cerita


Judul                          : Cerita Anak Terbaik Sepanjang Masa; Seri Aku Anak Sehat
Penulis                         : Dyah Ummi Purnama
Penyunting                  : Tin Zulaeha
Penerbit                       : Visimandiri
Cetakan                       : 1, Desember 2015
Halaman                      : 112 halaman
ISBN                           : 978-602-317-174-6
Peresensi                     : Ratnani Latifah, penikmat buku dan penyuka literasi, Alumni Unisnu  Jepara
Memiliki anak yang sehat dan cerdas sudah pasti menjadi dambaan para orangtua. Tapi bagaimana caranya untuk mengajak anah hidup sehat  dan mengenalkan anak pada berbagai macam vitamin agar mudah diterima? Buku ini adalah salah satu solusinya. Karena dalam buku ini anak-anak akan dikenalkan dengan berbagai macam jenis vitamin beserta manfaatnya melalui cerita yang asyik untuk dibaca.
Pada sebuah cerita yang berjudul Rabun Ayam Karena Suka Makan Ayam?’ mengisahkan tentang Dani yang takut karena tiba-tiba dia tidak bisa melihat ketika waktu mulai senja. Dia menabrak meja dan vas bunga. Melihat apa yang menimpa Dani, Lala sepupunya jadi khawatir. Gadis kecil itu menduga kalau Dani sakit rabun senja karena Dani suka makan mata ayam. Tapi apakah benar sakit Dani itu memakan karena akibat makanan itu?   
Ada pula cerita yang berjudul. ‘Hii ... Kurang Darah Karena Digigit Vampir?’ Mengisahkan tentang Fira yang pada suatu hari saat dia di rumah sendirian, dia menonton film vampire. Saat asyik menonton dia melihat vampir itu menghisap anak yang tinggal di rumah tua hingga darahnya habis. Keesokan harinya dia pergi sekolah dan mengetahui bahwa Nia ternyata sakit. Temannya itu berkata sakit kurang darah. Seketika Fira teringat dengan film yang ditontonnya. Jangan-jangan darah Nia juga dihisap vampir, mengingat rumah Nia berada di daerah yang angker.
Kemudian ada lagi cerita lain yang tidak kalah seru yang berjudul ‘Adik Bayiku Dijemur’. Mengisahkan tentang Fina. Dia baru saja mempunyai adiknya kecil. Dia sangat senang dan selalu menunggui adiknya. Melihat adiknya selalu membuat Fani gemas. Selain itu Fani juga kerap di suruh ibunya membantu menjemur kasur adiknya jika diompoli. Kata ibunya supaya kasur itu menjadi hangat dan berkurang bau pesingnya. Tapi pada suatu hari Fani malah melihat ibunya menjemur adiknya. Gadis itu pun bertanya-tanya, kenapa adiknya dijemur juga. Apakah supaya bau pesingnya juga hilang?
Temukan kisah lengkapnya dalam buku ini. Cerita anak di sini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami anak. Ilustrasinya juga bagus.  Lalu setelah cerita selesai, penulis memberi kolom pengetahuan tentang masalah vitamin sesuai dengan isi cerita.  Misalnya tentang apa saja akibat jika tidak mengkonsumsi vitamin A. (hal. 21-23) Lalu dijelaskan juga akibat dari kekurangan vitamin B 12 (hal. 55) Dan penjelasan tentang akibat kekurangan vitamin D.
Selain ketiga cerita tersebut masih ada lagi cerita-cerita yang seru, Beri-Beri Tidak Sama dengan Biri-Biri, Ketika Awan Sakit Sariawan, Si Kulit Bersisik yang Pandai Memancing, dan Awas Ada Sungai Darah.  Beserta vitamin-vitamin lain yang sangat baik dikonsumsi Anak. Seperti vitamin B1, C, E dan K.  Selain itu  tidak ketinggalan ada lembar aktivitas dan bonus kartu kwartet sumber vitamin.  Ini sangat cocok dikenalkan pada anak-anak sebagai langkah mengenal berbagai macam vitamin dan akibat jika tidak menkomsumsinya.   Diharapkan dengan adanya buku ini bisa menambah pengetahuan anak juga bisa mengajak untuk hidup dengan cara yang sehat dan bergizi.


Srobyong, 8 Maret 2016
Merupakan resensi versi 2 yang saya kirim ke media dan, alhamdulillah tembus. ^_^ 

Dimuat di Koran Pantura, Jumat 19 Agustus 2016 


No comments:

Post a Comment