Wednesday 19 August 2015

[Cerpen] Kasih yang Kuyakini

 
Oleh : Kazuhana El Ratna Mida

Marni masih ingat benar ketika dia memutuskan menikah dengan Burhan. Pernikahan yang sejatinya memang sangat dia tunggu namun penuh kontroversi. Bagaimana tidak, sebagian keluarga menentang pernikahan ini. Padahal Marni pikir, kekhawatiran keluarganya terlalu berlebih. 

Hanya karena sebuah adat budaya yang sudah mendarah daging. Orang menyebutnya ‘Melangkahi lautan darah’ ini berdasarkan perhitungan primbon; weton [1] yang dimiliki. Di daerah tempat tinggal Marni, hitungan weton sebelum pernikahan masih sangat dipercaya. Juga karena alasan yang menikah sama-sama anak pertama itu tidak baik. Sungguh picik bukan? Padahal sekarang mereka sudah hidup dengan berpegang pada Islam. Tapi adat jawa masih menjadi panutan. 

Namun, bukan Marni kalau tidak mencoba mempertahankan Burhan yang sudah lama sangat dicintainya. Yah, meski ada desas-desus tidak enak mereka akhirnya tetap melaksanakan pernikahan yang sudah disusun sedemikian rupa. Menyerahkan semua pada Allah. Marni maupun Burhan membujuk kedua orang tua mereka untuk mengerti kepercayaan mereka.

Hari itu pun menjadi kebahagiaan yang tak terkira bagi Marni atau Burhan. Cinta mereka yang telah membuncah akhirnya dapat dipersatukan.

“Alhamdulillah, ya, Mas. Akhirnya semua terlaksana,” ucap Marni penuh syukur, ketika mereka sudah melalui segala proses yang cukup rumit. 

“Tapi, Mas masak tadi pas aku memakai gaun pengantin, tiba-tiba gaun itu sobek. Nah, mereka bilang itu pertanda buruk. Aku takut—,” Marni tak meneruskan ucapannya.

“Hanya sebuah mitos, Dek. Bukankan kita sudah menundukkan satu? Insya Allah semua baik-baik saja jika kita hanya percaya pada Allah.”

Mendengar ucapan suaminya Marni merasa tenang. Yah, suaminya memang tak terlalu percaya mitos atau adat-adat yang nyleneh menurut pandangannya. Hanya Allah-lah yang Maha Tahu segalanya. Terlepas dari semuanya. Kenapa harus takut pada adat jika masih ada Allah?

~*~

“Ibu melamun? Ingat almarhum bapak, ya?” Nunik anak sulung Marni menepuk halus pundaknya. 

“Iya, Nduk. Ibu kangen sama bapak. Kangen wejangan-wejangan [2] yang diberikan.” 

Yah, betapa dulu semua begitu mudah tidak seperti sekarang. Ketika Burhan masih hidup, Marni tak perlu banting tulang. Namun, Tuhan telah berkehendak lain. Burhan telah berpulang karena mengalami kecelakaan setelah pulang mengajar. 

Sedih, dan seolah putus asa. Mereka baru saja memiliki momongan baru. Merintis usaha bersama demi pendidikan anak-anak. Tapi ..., kenapa?

Selentingan-selentingan pun terdengar tentang pernihakan Marni dan Burhan. Di mana mereka tetap melangsungkan pernikahan yang sejatinya pamali menurut sebagian warga. Karena mereka telah menentang budaya adat yang pernah ada.

“Itu-lah akibatnya, Mar, kalau melawan adat. Pernikahanmu tak bertahan lama. Tuh buktinya suamimu meninggal dunia.”

“Oh, iya. Bukankah pas nikah gaun pengantinmu juga sobek, kan? Itu juga pertanda, Mar.” Asih berkomentar.

“Kamu sih, nggak mau dengerin saran orang tua. Kan, jadinya kualat,[3]” seloroh Asih lagi.
Marni hanya diam sambil memikirkan semua perkataan Asih.

“Coba dulu, kamu mau menikah dengan Hadi, hidupmu enak. Dadi wong sugeh rak usah rekoso.” [4]
Setelah ucapan panjang lebar Asih sudah mentok berhenti, kini Marni angkat suara.

“Aku tidak pernah menyesal, Sih, aku senang bisa menikah dengan Mas Burhan. Yah, meski hidup sederhana tak terlalu mewah.” Lalu Marni menghela napas.

“Masalah jodoh dan mati, kupikir itu kehendak Allah. Kita tidak lantas mempercayai adat-adat budaya yang kadang hanya sekadar mitos belaka. Kita punya Allah kenapa kita tidak berserah pada-Nya?” 

Marni mencoba menjelaskan pada Asih sama persis dengan penjelasan yang selalu Burhan katakan ketika dia takut. Beruntunglah dia yang bisa mengenal Burhan. Sosok yang penuh wibawa dan memegang teguh agama.

Kalaupun sekarang dia harus banting tulang untuk mengepulkan asap dapur dan biaya sekolah dua anaknya. Marni rela. Dia ikhlas menggantikan tugas suaminya yang telah menitipkan amanah untuk membesarkan dua pelita yang semoga bisa membanggakan orang tua. Tak hanya pintar tapi juga berbakti menjadi anak salihah.

~*~

“Ich, ibu melamun, lagi,” protes Nunik gemas lalu memegang tangan ibunya.

“’Maaf, Nduk. Kalau mengingat tentang bapakmu memang bisa lupa waktu.” Marni terkekeh.

“Ibu sangat mencintai bapak, ya?” tanya Nunik.

“Lho, iya to, Nduk. Kalau nggak cinta mana ada kamu dan Rian.”

"Jadi karena itu ibu tak mau menikah lagi?" tanya Nunik hati-hati.

Nunik pernah dengar ibunya itu sangat cantik. ketika bapaknya meninggal banyak yang berlomba untuk meminang janda kembang itu . tapi ibunya--Marni selalu menolak dengan alasan ingin merawat anak-anak Burhan dengan jerih payahnya sendiri. Ditambah dia memang belum bisa berpaling dari Burhan. Lima tahun cukup baginya untuk bermanja dengan Burhan. Selebihnya dia rela banting tulang. Yah, bahkan hingga sekarang.

"Begitulah, Nik. Ibu tidak mau mengkhianati bapakmu. Cukup kalian saja, sebagai penggantinya."
Nunik semakin bangga pada ibunya.

“Wah, kayaknya ada yang seru. Rian ketinggalan, ya, Bu.” Rian yang baru datang langsung ikut bergabung.
 Marni menyambut putra keduanya yang sudah masuk kelas tiga aliyah. Betapa dia senang bisa berdiri tegak sampai sekarang untuk menyekolaahkan keduanya. Nunik yang saat ini sudah kuliah dan memaski semester tiga.

Syukur Marni pada Allah sungguh tak terkira. Bermodal uang peninggalan suami yang tak seberapa, dia mencoba melanjutkan usaha dagang yaang mereka rintis bersama. Alhamddulillah, pengetahuannya tentang mengatur uang bisa dimanfaatkan dalam bisnis dagang.

Meski sempat beberapakali memakan kerugian karena dia kurang pengalaman. Allah selalu ada untuk memberi pertolongan. Untuk anak, Marni rela berkorban apa saja, agar mereka memperoleh pendidikan yang layak.

Srobyong, 19 April 2015.

[1] weton = hari lahir seseorang berdasarkan pasarnya.
perhitungan weton di daerah Jepara masih sangat kental dipercaya. Adat budaya itu masih berkembang hinga sekarang. Kalau mau menetukan cocok tidaknya pasangan masih menjadi pegangan kuat. Juga untuk menentukan hari yang baik.
[2] wejangan = nasihat
[3] kualat = mendapat bencana
[4]Dadi wong sugeh rak usah rekoso = menjadi orang kaya tidak akan kesusahan.

2 comments:

  1. Di desaku juga masih ada bnyak yg prcya sma hal itu, mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama-lah di desaku juga masih percayaa begituan. menghitung hari baik dan lain sebaiaanyaa :)

      Delete